Balancing art, Seni Menyeimbangkan Benda yang Harus Kamu Ketahui

oleh -779 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Pernah ngga sih sob melihat sebuah batu ataupu benda yang tersusun begitu indah disuatu tempat? tetapi setelah di pikir-pikir susunan batu ataupun benda tersebut terlihat mustahil karena posisinya yang terlihat begitu seimbang padahal tidak menggunakan perekat apapun, Sesuatu tersebut dinamakan dengan Balancing Art.

Balancing Art adalah suatu seni menyusun benda secara seimbang dengan berbagai macam posisi tanpa menggunakan media apapun untuk merekatkannya. (farhan)

Balancing Art

Source by Republika

Biasanya orang yang membuat sebuah Balancing Art menggunakan benda berupa sebuah batu. Awalnya keberadaan Balancing Art membuat heboh warga Indonesia tepatnya di Sungai Cidahu, Sukabumi, Jawa Barat beberapa tahun yang lalu. Pasalnya batu yang tersusun tersebut tidak hanya satu dua saja melainkan 99 tumpukan, lantas warga sekitar pun sontak mengaitkan hal tersebut dengan hal mistis. Usut punya usut, hal tersebut bukan lah makhluk halus yang melakukannya melainkan suatu komunitas yang dibuat untuk wadah bagi orang-orang yang menyukai seni gravitasi di Indonesia. Komunitas tersebut dinamakan dengan BAI atau Balancing Art Indonesia.

Baca juga: Nostalgia, Game House yang Dulu Sering Dimainkan Banyak Orang

BAI atau Balancing Art Indonesia mulai merintis keberadaannya pada tahun 2013 lalu di akun sosial medianya. Di kutip dari kumparan.com yang melakukan wawancara dengan Suryadi selaku pendiri Balancing Art Indonesia atau BAI mengatakan “Balancing Art awalnya disebut stone balancing atau rock balancing. Di Italia disebut Equilibrio. Di Jepang disebut Ishihana. Sementara, di Eropa banyak disebut Cairn dan Rock Stacking. Ada juga yang menamainya Inuksuk dan di Belanda disebut Stein,” ujarnya. Selain batu anggota komunitas tersebut pun menggunakan benda lain seperti botol, cangkir, kayu ataupun yang lainnya untuk membuat sebuah Balancing Art.

Source by Sinar Ngawi

Dengan membuat sebuah Balancing Art, seseorang dapat mendapatkan sebuah pembelajaran yang cukup banyak. Diantaranya yaitu melatih emosi atau kesabaran, melatih fokus, kepekaan dan juga optimis atau pantang menyerah. Ketika membuat sebuah Balancing Art kita membutuhkan waktu yang cukup banyak, yaitu sekitar 30 menit atau lebih. Teknik dalam membuat Balancing Art pun cukup banyak diantaranya Tic Tac Toe, counter balance, Stacking, dan masih banyak lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.