Bintang Tsurayya atau Pleiades Menampakan Diri Pada Pagi Hari

oleh -541 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Bintang Tsurayya. Bintang ini tengah banyak diperbincangkan setelah beredarnya video di media sosial yang menyebutkan bahwa bintang yang muncul di pagi hari itu membawa pesan akan berakhirnya wabah virus corona. Benarkah begitu?, simak rangkuman berikut. (seno)

Tsuraya adalah nama bintang dalam bahasa Arab untuk gugus bintang Pleiades. Yup, secara astronomis Tsuraya dikenal sebagai Peiades atau Messier 45 (M45).

Namun telah beredar di media sosial sempat muncul Senin pagi tadi (4/5)

Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) memberikan penjelasan lengkap mengenai salah satu benda langit itu.

Dalam ilmu antariksa, bintang Thuraya/Tsuraya atau ada yang menyebutnya Tsurayya, disebut sebagai gugus bintang terbuka Pleiades yang terletak dekat dengan rasi bintang Taurus.

Dalam keterangan resmi yang dikeluarkan Pusat Sains dan Antariksa (Pussainsa) Lapan, Sabtu (2/5/2020), gugus bintang terbuka ini terdiri dari sejumlah bintang.

Tujuh di antaranya bisa kamu dilihat dengan mata telanjang.

Dalam mitologi Yunani, ketujuh bintang tersebut adalah Sterope, Merope, Electra, Maia, Taygeta, Celaeno, dan Alcyone; dan juga dikenal sebagai bintang 7 saudari.

Bintang ini berjarak 444 tahun cahaya dari Bumi.

Lihat juga: NASA Mengumumkan Rasi Bintang ke 13 yang Bernama Ophiuchus

Menurut pakar Asrtro Andi Pangerang, salah satu peneliti Pussainsa Lapan, Pleiades terlihat hampir bersamaan dengan terbitnya Matahari atau fajar pada bulan Mei-Juni. Setelah itu, Pleiades akan terlihat tinggi di langit sisi atas saat memasuki bulan September-Desember.

Bintang ini kemudian akan tenggelam saat fajar di bulan Desember. Melihat pola terbitnya, bintang ini kemudian dijadikan penanda musim dingin oleh masyarakat yang tinggal di Bumi bagian utara.

Apakah kamu juga melihatnya?, jika kamu ketinggalan jangan cemas, bintangnya akan mucul setiap terbit matahari, tinggal tunggu waktu saja.

Sumber: Kompas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.