Elysium, Konsep Surga Dalam Mitologi Yunani

oleh -1.203 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Kemana kiranya para roh pergi setelah berpisah dari raganya? Tentu akan ada sangat banyak jawaban. Jawaban-jawaban tersebut pasti tergantung pada pada sudut pandang penjawab. Tentu kata “surga” pasti termasuk kedalamnya. Namun tidak semua kepercayaan dan mitologi percaya pada surga. Sebagai gantinya mereka memiliki tempat lain yang serupa dengan surga. Tentu saja mereka memiliki nama yang berbeda pula. Salah satunya yaitu Elysium dalam mitologi Yunani kuno. (Nindi)

Elysium atau Elysian Fields

Elysium atau juga dikenal dengan Elysian Fields (Padang Elysian). Tempat ini merupakan konsep dari “kehidupan setelah kematian”. Tempat ini pula memeliki konsep yang serupa dengan surga. Menurut Wikipedia, pada awalnya Elysium ini merupakan tempat yang terpisah dari alam kekuasaan Hades. Namun sumber lain mengatakan bahwa padang Elysian merupakan bagian dari dunia bawah, tempat Hades berkuasa. Para penghuni padang¬†Elysian mendapat keistimewaan yaitu, mereka masih memiliki ingatan semasa mereka hidup.

Baca Juga: Persephone, Pendamping Penguasa Dunia Bawah

Tempat ini juga diperuntukan bagi mereka para jiwa manusia yang memiliki hubungan dengan para dewa. Selain manusia yang memiliki hubungan dengan dewa, para pahlawan juga diizinkan untuk tinggal disana. Namun pada perkembangannya terjadi perubahan. Mereka yang terpilih oleh para dewa dan mereka yang benar diperbolehkan untuk pergi kesana. Mereka yang memasuki tempat ini akan menikmati kehidupan yang selalu terberkahi. Mereka bebas dari rasa kalut, takut, dan segalah perasaan negatif lainnya. Mereka hanya akan menikmati kedamaian dan kebahagiaan sepanjang hari.

Homer mengatakan bahwa tempatnya indah ini berada di ujung baratbarat bumi, dekat aliran Okeanos. Di Homer‘s Odyssey, Elysian¬†digambarkan sebagai surga.

Mengenai siapa yang memimpin Padang Elysian sendiri terdapat beberapa pendapat berbeda. Pindar mengatakan bahwa Kronos memimpin Elysium setelah dibebaskan dari Tartaros. Namun yang lain berpendapat bahwa Kronos dikurung selamanya di dalam Tartaros. Dan yang menjadi pemimpin di Elysian adalah Rhadamanthis, putra dari Zeus dan Europa. Achilles merupakan salah satu penghuni Elysium setelah kematiannya. Arwah pahlawan lain yang menghuni Padang Elysian adalah Aias, Patroklos, Antiokhos, juga Ankhises.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.