Fakta-Fakta Lagu November Rain, Mahakarya Band Guns N’ Roses

oleh -1.222 views
winnetnews.com
source gnrcentral.com

ZETIZEN RADAR CIREBON – Pecinta musik rock atau Guns N’ Roses tentu tidak asing dengan lagu ciptaan Axl Rose tersebut. Ya, lagu November Rain merupakan salah satu mahakarya terbaik musisi rock Guns N’ Roses yang sampai saat ini masih enak buat di dengar. Instrumen yang menyentuh hati serta pembawaan yang menarik membuat lagu ini dinikmati pendengarnya. Zetizen Radar Cirebon mengupas sisi lain dibalik lagu November Rain yang fenomenal tersebut, berikut ulasannya. (alwan)

Digarap Axl Rose Sejak 1983

Walau dirilis pada tahun 1992, lagu ini sebenarnya telah digarap oleh Axl Rose sejak tahun 1983. Hal ini diungkap oleh mantan gitaris L.A. Guns yang juga anggota original Guns N’ Roses, Tracii Guns. Guns mengatakan bahwa ia sering melihat Rose memainkan lagu ini di piano. Guns pernah bertanya pada Rose kapan lagu ini akan diselesaikan, tapi Axl Rose mengaku tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan lagu ini.

Hanya Milik Axl

Setelah sempat hengkang dari Guns N’ Roses, sang gitaris Slash tidak pernah membawakan lagu ini dalam penampilan solonya atau bersama band lain. Menurut Slash, lagu tersebut sangat personal bagi sang vokalis Axl Rose. Buat kamu yang memang benar-benar menjiwai lagu ini lirik “November Rain” menceritakan cinta yang perih dan kandas ketika sedang sayang-sayangnya.

Slash Terkagum Akan Kerumitan Musik Video November Rain

Meskipun video musiknya sangat menarik, namun gitaris Guns N’ Roses, Slash ternyata menyebut video “November Rain” merupakan hal yang sangat kompleks. Meskipun begitu, Slash mengakui bahwa ia mengerti dengan lagunya. Dalam videonya, Slash memang terlihat memamerkan skillnya di depan Kapel. Namun, sang gitaris sendiri tidak terlibat langsung dalam cerita video “November Rain“.

Cetak Banyak Rekor

Begitu dirilis sebagai single pada Februari 1992, November Rain langsung merangsek tangga lagu Billboard Hot 100 di posisi 3. November Rain pun menjadi salah satu lagu dengan durasi terpanjang yang berhasil masuk Top 10 Billboard Hot 100. Tidak hanya itu, pada Juli 2018, video klip November Rain berhasil menjadi video pertama yang dibuat sebelum adanya YouTube yang telah ditonton 1 miliar kali. Saat ini video tersebut telah ditonton lebih dari 1,2 miliar kali.

Salah Satu Lagu Terpanjang Guns N’ Roses

Lagu November Rain versi album memiliki durasi yang cukup panjang yaitu 8:57. Versi singlenya tentu sedikit dipangkas menjadi 4:43. Dengan durasi 8:57, November Rain merupakan lagu terpanjang ketiga yang pernah dirilis Guns N’ Roses. Di posisi pertama ada Coma dengan durasi 10:14, diikuti oleh Estranged dengan durasi 9:24.

Video Klip yang Ikonik

Video klip untuk November Rain merupakan salah satu video klip musik rock paling ikonik. Video klip ini menampilkan Rose yang menikahi model Stephanie Seymour, yang saat itu merupakan kekasih Rose, dan diselingi dengan penampilan band di sebuah teater. Slash yang memainkan dua solo gitar di lagu ini juga memainkan peran yang cukup signifikan di video ini. Video klip ini disutradarai oleh Andy Morahan dan mengambil inspirasi dari cerita pendek yang ditulis oleh penulis Del James. Video klip ini juga sempat menjadi sensasi di masanya karena statusnya sebagai video klip dengan biaya termahal yaitu sekitar USD 1,5 juta. Ini tentu tidak mengherankan karena kru produksi harus membangun gereja yang menjadi set video ini.

Baca juga: Fakta Unik Slash: Gitaris Terbaik Dunia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *