Fakta menarik Bintang Pleiades atau Tsurayya, Inti Dari Semua Legenda

oleh -721 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Bintang Pleiades atau Tsurayya adalah nama bintang dalam bahasa Arab untuk gugus bintang Pleiades. Secara astronomis Tsuraya dikenal sebagai Peiades atau Messier 45 (M45).

Pada saat ini, Pleiades masih berada di langit barat, tepatnya di bawah Venus. Karena itu, secara teknis Pleiades akan bisa dilihat setelah terbenamnya matahari dan bisa dilihat dengan mata telanjang. Ternyata dari keindahan bintang Pleiades tersimpan sebuah fakta menarik dalamnya, mau tau fakta tersebut?, simak fakta-faktanya. (seno)

1. Salah satu Gugus Bintang

Bintang Tsuraya ini bukanlah bintang tunggal, melainkan sebuah gugus bintang terbuka yang beranggotakan sekitar 1.000 bintang yang saling terikat secara gravitasional. Namun hanya sekitar 14 bintang saja bisa dilihat dengan mata kepala sendiri.

2. Berjarak sangat jauh

Bintang Tsuraya ini merupakan bintang yang jarak rata-ratanya adalah 430 – 440  tahun cahaya dari Bumi. Berarti sibutuhkan sekitar jarak 444 tahun cahaya untuk cahaya bintang berkilauan dilangin bumi. Gugus bintang ini melayang di angkasa secara bersamaan dengan kecepatan sekitar 40 km per  detik. Banyak dari bintang-bintang dari gugus ini bersinar ratusan kali lebih terang daripada Matahari.

3. Legenda Seven Sisters

Bintang ini dikenal juga sebagai Seven Sisters, karena secara kasat mata terdiri atas tujuh bintang yang saling berkumpul menjadi satu, tepat di sisi barat rasi bintang Taurus.

Dalam pengetahuan Yunani, tujuh saudara perempuan ini adalah putri-putri Atlas dan Pleione. Nama Pleiades berasal dari nama ibu, Pleione.

Ketujuh gugus bintang tersebut bernama Sterope, Merope, Electra, Maia, Taygeta, Celaeno, dan Alcyone.

4. Bintang Muda

Mayoritas bintang dalam gugus ini merupakan bintang muda atau bintang biru, dengan temperatur permukaan rata-rata jauh lebih panas ketimbang matahari.

5. Dikaitkan dengan Banyak Kisah Daerah

Bintang Tsuraya banyak dikaitkan dengan legenda-legenda manusia.

Di Jawa, misalnya, bintang ini dikaitkan dengan legenda Jaka Tarub dan Tujuh Bidadari yang turun dari langit.

Bagaimana menurut kamu cukup menarik bukan?

Sumber: Bobo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.