Fenomena Supermoon Terakhir Tahun 2020 Hingga April 2021

oleh -964 views

ZETIZEN RADAR CIREBON –  Supermoon adalah istilah menggambarkan keadaan bulan  berada dalam posisi terdekatnya dengan Bumi. Fenomena ini terjadi, bulan tampak lebih besar dan lebih terang, meskipun perubahan jaraknya hanya beberapa kilometer.

Kini pihak NASA menyampaikan supermoon terakhir tahun 2020 akan muncul di langit pada Kamis (7/5), pukul 6.45 EDT atau pukul 17.45 WIB. Ukuran supermoon diperkirakan 7 persen lebih besar dan 15 persen lebih cerah dari bulan purnama biasanya. (seno)

Lihat juga: 3 Fenomena Astronomi Bulan Mei 2020 Jangan Sampai Lewatkan

Tampaknya untuk melihat fenomena ini tidak perlu teropong ataupun teleskop khusus, tetapi jika ingin melihatnnya lebih jelas dan detail alat ini menjadi pilihan.

Melansir CNET, istilah supermoon merujuk pada posisi bulan purnama yang terjadi dekat perigee syzygy, yang berarti bahwa bulan berada pada titik terdekat dengan Bumi. Superbulan tampak lebih besar daripada bulan purnama biasa.

Bulan purnama ini disebut Flower Moon karena menandakan datangnya musim semi. NASA menjelaskan, menjelang musim semi, sebagai bulan purnama kedua, suku asli Amerika di timur laut Amerika Serikat menyebut ini Flower Moon karena bunga berlimpah di sebagian besar wilayah itu.

Mengutip laman Wjla, Rabu, 6 Mei 2020, disebut Supermoon karena Bulan purnama terjadi dalam jarak 90 persen dari titik terdekatnya. Ukuran dan kecerahannya bervariasi berdasarkan jarak yang tepat selama fase itu.

Untuk sebagian besar, perbedaannya tidak terlalu mencolok bagi mata manusia, itulah sebabnya menggunakan pedoman 90 persen. Namun, karena orbit Bulan berubah seiring waktu, bisa mendapatkan bulan penuh perigee yang ekstrem. Beberapa orang mungkin mengingat Supermoon ekstrem yang muncul pada November 2016.

Selamat tinggal Supermoon tahun 2020, kami manantikan kehadiranmu di tahun 2021.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.