Florence Nightingale, Tokoh Penting Peringati Hari Perawat Internasional

oleh -276 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Hari ini, 74 tahun lalu, tepatnya 12 Mei 1974, dibuatlah peringatan Hari Perawat Internasional oleh the International Council of Nurses (ICN) dengan tokoh pentingnya yakni Florence Nightingale.

Ketua Tim Penanganan COVID-19 Dewan Pengurus Pusat Persatuan Perawat Nasional Indonesia (DPP PPNI), Jajat Sudrajat mengatakan, peringatan Hari Perawat Internasional di tahun ini sangat berbeda dari biasanya. (seno)

Tahun ini dipandang istimewa, karena Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan 2020 sebagai Tahun Perawat dan Bidan. Sekaligus menjadi tahun ke-200 peringatan kelahiran Nightingale, sosok pelopor perawat modern.

Jajat melihat momentum Hari Perawat Internasional 2020 ini untuk terus meningkatkan kompetensi dan adaptasi baru menghadapi COVID-19 yang merupakan fenomena baru.

Termasuk upaya meningkatkan solidaritas profesional, dan kepedulian untuk saling tolong-menolong lintas wilayah, lintas daerah juga dilakukan.

Lihat juga: Wolfsbane, Tanaman yang Berkaitan dengan Werewolf

Dilansir Ensiklopedia Britannica, acara ini untuk menyoroti peran penting perawat dalam perawatan kesehatan dan memperingati kelahiran filsuf dasar keperawatan modern Florence Nightingale.

Nightingale menjadi tokoh penting dalam keperawatan karena jasanya selama Perang Krimea tahun 1850-an.

Saat itu ia bertugas di Rumah Sakit Barrack di Scutari (Üsküdar, sekarang distrik Istanbul). Dia memimpin sekelompok perawat yang merawat tentara Inggris.

Dia terkejut dengan kondisi fasilitas rumah sakit ketika pertama kali tiba.

Akhirnya dia memberlakukan standar perawatan yang ketat dan memastikan bahwa bangsal tetap bersih serta persediaan makanan dan obat-obatan tercukupi. Pengalamannya di Scutari membawanya ke kampanye untuk reformasi di dalam dunia perawatan.

Lihat juga: Daftar Mobil Mewah yang Dimiliki Polisi Dubai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *