Galdhøpiggen, Gunung Tertinggi di Norwegia

oleh -643 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Di tengah hamparan alpine Norwegia yang indah dan alam yang mempesona di Jotunheimen National Park, terdapat gunung es yang menjadi simbol nasional Norwegia. Gunung es tersebut bernama Galdhøpiggen, yang menjadi salah satu lokasi mendaki terbaik untuk pemula. Hal tersebut dikarenakan medannya yang cukup mudah dan dapat dilakukan kapan saja. (Zhorif)

Galdhøpiggen adalah gunung es tertinggi di Norwegia dan Eropa Utara. Menjulang tinggi sampai 2469 meter diatas permukaan laut, gunung es ini berlokasi di Jotunheimen National Park. Yang berletak pada daerah Innlandet, bagian selatan dari Norwegia. Gunung es ini dikelilingi oleh 3 gletser, yakni gletser Svellnosbrean ke selatan, gletser Storejuvbrean ke barat, dan gletser Styggebrean ke utara.

Baca juga: Herðubreið, Gunung Indah di Tengah Gurun Tandus Islandia

Galdhøpiggen sendiri adalah kata dari bahasa Norwegia. Galdhø sendiri memiliki arti “jalan gunung raksasa yang curam”. Arti ini merujuk pada jalan tua antara Gudbrandsdalen dan Sogn yang melewati gunung es ini. Sedangkan piggen memiliki arti puncak, pucuk, atau ujung. Sehingga Galdhøpiggen memiliki arti “puncak dari gunung raksasa dengan jalan yang curam”.

Dahulu, warga Norwegia maupun dari luar negeri tidak mengetahui bahwa Galdhøpiggen adalah gunung tertinggi. Gelar gunung tertinggi di Norwegia saat itu diberikan pada gunung Snøhetta, yang terletak di kawasan Dovrefjell. Salah satu kejadian unik yang pernah terjadi adalah tumbuhnya bunga Ranunculus glacialis dan Saxifraga oppositifolia pada lingkungan yang keras puncak gunung es ini.

Baca juga: Sørvágsvatn, Danau Di Atas Laut yang Sempat Viral

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Galdhøpiggen adalah salah satu lokasi mendaki terbaik untuk pemula. Medan di jalur pendakian Spiterstulen cukup mudah dan ramah keluarga, bahkan kita dapat mendaki gunung ini bersama anak berusia dibawah 10 tahun. Bagi mereka yang menyukai tantangan, para pendaki bisa melewati gletser Styggebrean, yang tentu saja memerlukan keahlian dan pengalaman untuk melewatinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *