Hackers Bobol Jutaan Akun Tokopedia, Korban Mengalami Kerugian

oleh -262 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Baru ini mengenai kabar jutaan Akun Tokopendia direntas oleh Hackers.  Dinformasikan sebanyak 91 juta akun raksasa toko online itu sudah coba dijual di dark web senilai USD 5.000. Siapa kira-kira pelakunya?, apakah memiliki masalah pribadi perihal dengan tokopedia?. (seno)

Baca juga: 6 Tanda Smartphone Kamu Kena Hack

Laporan ZDnet mengungkapkan, hacker yang masih belum terlacak itu mempublikasikan sebagian hasil hack Tokopedia di sebuah forum hacking terkenal.

“Sang hacker mengklaim datanya diambil dalam serangan pada Maret 2020 dan (yang dipajang di forum) hanya bagian kecil dari seluruh database user yang diambil dalam hack,” tulis ZDnet.

Dari akun twitter bernama @underthebreach mengungkapkan isu soal akun tokopedia diretas. Sebanyak 15 juta informasi akun Tokopedia dilaporkan terlah dibobol oleh hacker.

Baca juga: Masih Menyimpan Zoom? Berikut Masalah Bila Tidak Hapus Zoom

Tokopedia angkat bicara atas isu tersebut. Mereka mengakui memang ada upaya untuk pencurian data. Namun informasi penting pengguna tetap aman.

“Berkaitan dengan isu yang beredar, kami menemukan adanya upaya pencurian data terhadap pengguna Tokopedia, namun Tokopedia memastikan, informasi penting pengguna, seperti password, tetap berhasil terlindungi,” kata VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak, Sabtu lalu (2/5)

Untuk saat ini, seluruh user Tokopedia diminta mengganti password dan mengaktifkan two factor authentication perihal pengamanan sementara. “Dan ingat jangan pernah berikan kode verifikasi di WhatsApp dan SMS pada siapapun sekalipun dia mengaku dari Tokopedia,” cetus Alfons.

Tokopedia sendiri tengah menggelar investigasi. “Saat ini, kami terus melakukan investigasi,” kata VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak.

Perbincangan Hackers Tokopedia ini sempat masuk topic trending di twetter dengan #UninstallTokopedia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *