Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Handphone Second atau Bekas

oleh -533 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Ada beberapa hal yang tidak kalian ketahui sebelum membeli handphone bekas. Untuk mengatasinya, disini akan memberikan beberapa tips membeli handphone bekas. Saat ini banyak orang yang lebih memilih membeli smartphone second, karena harga yang lebih bersahabat dengan kantong. (Fajar)

Sesuai dengan namanya, handphone bekas sebelumnya sudah pasti pernah dipakai oleh orang lain lalu dijajakan kembali dengan harga yang lebih murah. Selain itu, mungkin ada komponen-komponen yang tidak berjalan dengan baik atau ada juga yang masih terbilang mulus.

Berikut inilah hal-hal yang harus diperhatikan saat ingin membeli handphone bekas.

1. Soal garansi

Jika perangkat masih terlihat bagus dan tidak memiliki masalah yang berarti, biasanya penjual tidak keberatan untuk memberikan garansi.

Lalu nomor serial garansi bisa langsung dibawa ke service center (pusat layanan) untuk mengetahui apakah ponsel punya riwayat pernah diperbaiki atau memiliki kerusakan.

2. Jangan beli perangkat yang tua

Sebelum membeli handphone bekas anda perlu memperhatikan usia perangkat. Handphone yang sudah berumur tiga sampai lima tahun itu kurang bagus karena beberapa alasan.
Perangkat tersebut sudah tidak dapat digunakan untuk saat ini, apalagi smartphone dulu rata-rata belum mendukung jaringan 4G.

Jika sebuah gadget sudah terlalu tua kemungkinan besar kapasitas penyimpanan sudah banyak terpakai, selain itu ada resiko bahwa smartphone yang terlalu tua memiliki pembaruan perangkat lunak yang menumpuk sehingga berakibat pada kinerja smartphone yang lebih lambat.

Baca juga : Membandingkan Samsung Galaxy M21 dengan M31

3. Pastikan bukan barang curian

Tidak dapat dipungkiri lagi membeli smartphone bekas terkadang mempunyai resiko, ada kemungkinan bahwa gadget yang akan Anda beli adalah hasil curian. Oleh sebab itu, bila kalian menemukan pembeli menawarkan gadget dengan harga yang tidak semestinya. Hal tersebut patut kalian curigai.

Terkadang ketika anda membelinya secara online pembeli tersebut sudah pasti tidak akan mencantumkan spesfikasi smartphone tersebut secara detail.

4. Cek nomor IMEI

Nah, Untuk mengecek apakah smartphone asli atau palsu kalian bisa melihat nomor IMEI dengan mengetik *#06# dan akan menunjukan nomor unik yang diberikan untuk setiap ponsel.

Selain itu apabila penjual mengikut sertakan dus box smartphone pada penjual tersebut kalian juga dapat melihat stiker kode IMEI pada bagian luar dus box. Kalian juga dapat mengecek dengan menyamakan nomor IMEI pada ponsel dengan nomor IMEI dus box, bila sama bisa dipastikan smartphone tersebut asli.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.