Hal Yang Terjadi Jika Kurang Minum Air Putih

oleh -123 views
Source by Google

ZETIZEN RADAR CIREBON – Air merupakan salah satu unsur penopang kehidupan manusia. Apalagi, 60 persen tubuh kita tersusun dari air. Kita pun dianjurkan minum air setidaknya 2 liter per hari agar tubuh bisa berfungsi optimal. (Fajar)

Akibat kurang minum air putih bisa berdampak besar mulai dari dehidrasi, sakit, stres, dan banyak lagi. Gejala awalnya adalah haus berlebih hingga merasa lemas. Saking pentingnya, tubuh akan menunjukkan perubahan jika kita kurang meminum air. Yuk simak ulasan sebagai berikut!

1.  Sakit kepala

Source by Google

Merasakan nyeri di kepala juga bisa menjadi akibat kurang minum air putih. Rasa nyeri ini bisa dari ringan hingga benar-benar mengganggu. Sakit kepala ini terjadi karena otak mengalami penyusutan sementara karena kurangnya asupan cairan. Ketika asupan cairan tercukupi, maka otak akan kembali ke bentuknya semula dan sakit kepala pun hilang.

2. Kulit kering

Source by Google

Pelembap termahal sekalipun belum tentu bisa mengatasi masalah kulit kering apabila pemicunya adalah akibat kurang minum air putih. Berbeda dengan kondisi kulit orang dengan tipe kulit kering, mereka yang mengalami kulit kering akibat kurang cairan akan cenderung merasakan gatal dan rentan iritasi.

3. Nyeri sendi

Source by Google

Tidak hanya kulit, namun tulang rawan dan tulang belakang cakram juga
membutuhkan asupan air yang banyak
80% dari tulang rawan dan tulang belakang cakram terdiri dari air. Konsumsi air putih yang cukup dapat menghindari tulang-tulang tersebut saling bergesekan dan membuat kalian dapat bergerak leluasa, seperti berlari, melompat, dll.

4. Merasa Kelelahan

Source by Google

Ketika tubuh kita kekurangan cairan dalam tubuh (dehidrasi), darah kalian menjadi lebih tebal sehingga jantung harus bekerja lebih keras untuk menjaga oksigen dan nutrisi tetap bergerak ke seluruh sistem peredaran darah.

Kurangnya darah yang terhidrasi dapat menyebabkan kurangnya oksigen yang dibawa ke seluruh tubuh. Hal
tersebut membuat kalian cepat mengantuk dan kelelahan.

Baca juga : Jangan Sepelekan Bahaya Minum Sambil Berdiri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *