Herðubreið, Gunung Indah di Tengah Gurun Tandus Islandia

oleh -243 views

ZETIZEN RADAR CIREBON –Queen of Icelandic Mountains” mungkin adalah sebutan yang cocok untuk gunung berapi di Islandia ini. Gunung berapi unik yang bernama Herðubreið ini menjadi fokus utama di gurun tandus yang hanya terdapat bebatuan dan aliran lava. Selama berabad-abad, gunung ini terkenal sebagai salah satu gunung yang paling sulit untuk didaki. (Zhorif)

Menjulang tinggi di gurun vulkanik tandus Odaðahraun, Herðubreið adalah puncak tertinggi ke-6 di Islandia. Dengan tinggi 5518 kaki atau 1682 meter, gunung berapi ini termasuk kategori Tuya. Yang berarti bentukan gunung berapi dengan puncak yang datar dan sisi yang curam yang terbentuk ketika letusan lava mengalir melalui gletser yang tebal atau lapisan es.

Baca juga: Sørvágsvatn, Danau Di Atas Laut yang Sempat Viral

Pada abad ke-18, Herðubreið (yang dibaca Herdubreid) terkenal sebagai salah satu gunung yang sulit untuk didaki. Hal ini dikarenakan medannya yang sangat sulit dan curam, bahkan medan untuk menuju kaki gunung saja cukup berat. Tetapi pada tahun 1908, ahli geologi dari Jerman bernama Hans Reck dan pendaki lokal bernama Sigurður Sumarliðason berhasil sampai puncak, dan menjadi yang pertama menaklukan gunung ini.

Waktu terbaik untuk mendaki Herðubreið adalah antara awal Juli sampai akhir Agustus. Selain waktu yang telah disebutkan, sungai-sungai akan menjadi deras dan susah dilewati. Sedangkan jalur pendakiannya akan penuh dengan es dan menjadikannya licin, sehingga sangat membahayakan dan dapat mengancam nyawa. Penting juga untuk mendaki bersama pendaki lokal agar tidak tersesat, karena mereka pasti mengetahui jalur dan medan disana.

Baca juga: 5 Destinasi Wisata di Norwegia yang Wajib Dikunjungi

Tidak perlu diragukan lagi bahwa puncak gunung Herðubreið memberikan pemandangan yang luar biasa bagi mereka yang berhasil menuju puncaknya. Gunung yang termasuk dalam Vatnajökull National Park ini sudah menjadi situs yang dilindungi keberadaannya. Didekatnya, terdapat oasis yang bernama Herðubreiðarlindir, yang dijadikan lokasi perkemahan bagi mereka yang ingin mendaki gunung Herðubreið.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *