Hewan Indonesia yang Sudah Masuk Kedalam Daftar Hewan Langka

oleh -824 views

ZETIZEN RADAR CIREBON- Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang di dalamnya mempunyai banyak sekali keberagaman. Dengan luas Indonesia yang mencapai 1,905 juta km persegi, menjadikan Indonesia sebagai rumah bagi berbagai macam satwa. Bahkan ada beberapa satwa yang hanya bisa ditemukan di Indonesia. Tetapi, saat ini banyak sekali hewan-hewan di Indonesia sudah mulai masuk kedalam daftar hewan langka. Berikut hewan asli Indonesia yang sudah masuk kedalam daftar hewan langka(farhan)

Komodo

Source by Komodo Shuttle

Yang pertama ada kadal terbesar di dunia yang hanya bisa kamu temukan di Indonesia yaitu di pulau komodo, Nusa Tenggara Timur. Karena habitatnya yang semakin kecil karena aktivitas manusia, IUCN atau Internasional Union for Conservation of Nature memasukan komodo kedalam daftar hewan langka. Selain dimasukan kedalam daftar hewan punah oleh IUCN, pemerintah Indonesia pun menjadikan komodo sebagai hewan yang dilindungi dengan menjadikan pulau komodo tersebut sebagai habitatnya untuk melestarikan komodo agar tidak mengalami kepunahan.

Orang Utan

Source by Kompasiana.com

Selain komodo ada juga primata yang menjadi satwa endemik di Indonesia. Orang utan sumatera menjadi spesies orang utan yang paling terancam diantara spesies lainnya. Banyak sekali alasan yang menjadikan orang utan sebagai hewan yang dikategorikan sebagai hewan punah. Diantaranya karena kehilangan habitat aslinya karena pembukaan hutan untuk perkebunan dan pemukiman hingga pembalakan liar. Menurut laporan IUCN selama 75 tahun terakhir, populasi orang utan menyusut drastis yaitu sebesar 80%. Pada tahun 1998 hingga 1999 laju kepunahan orang utan sebesar 1000 orang utan per tahun.

Harimau Sumatera

Source by Pixabay

Satwa endemik Indonesia yang satu ini sudah sangat kritis sekali sebagai hewan yang terancam punah. Di kutip dari WWF Indonesia atau World Wide Fund for Nature Indonesia jumlah populasi harimau sumatera yang didata pada tahun 2004 yakni hanya sebanyak 400 ekor saja. Dari mulai deforestasi hingga perdagangan ilegal yang menjual bagian tubuh harimau sumatera menjadi alasan hewan ini sebagai hewan yang sangat kritis akan kepunahan. Harimau sumatera memiliki ciri fisik yang berbeda dari spesies lainnya yaitu ukuran tubuhnya yang lebih kecil dan warna kulitnya yang cenderung gelap dibanding jenis lainnya yaitu kuning kemerah-merahan hingga orange tua.

Badak Jawa

Source by Kompasiana.com

Selain hewan-hewan endemik Indonesia yang sudah disebutkan sebelumnya, badak jawa juga termasuk kedalam kategori hewan yang harus diberikan perhatian penting karena menjadi hewan yang terancam punah. Selain badak jawa, banyak sekali jenis badak lainnya yang sudah di kategorikan sebagai hewan terancam punah diantarnya badak India dan badak putih Afrika. Alasan yang memasukan hewan ini kedalam kategori hewan yang sangat terancam punah yaitu perburuan liar yang bertujuan untuk mengambil bagian tubuhnya untuk dijadikan sebagai obat tradisional.

Anoa

Source by Inibaru.id

Sejak tahun 1960-an hewan ini sudah masuk kedalam kategori hewan yang terancam punah. Hewan endemik asal Sulawesi tepatnya di provinsi Sulawesi Tenggara ini diperkiraan hanya tersisa 5.000 ekor saja dan angka tersebut semakin menurun setiap tahunnya. Alasan yang menjadikan hewan ini sebagai hewan yang terancam punah tidak lain karena perilaku manusia yang terus memburu hewan ini untuk diambil kulit, daging dan juga tanduknya. Anoa hidup didalam hutan yang masih rimbun yang sulit dijangkau oleh manusia.

 

Baca juga: Kucing Langka yang Perlu Kamu Ketahui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *