Inilah Dampak Buruk Suka Mengunyah Es Batu

oleh -173 views
Source by Liputan6

ZETIZEN RADAR CIREBON – Tidak sedikit anak-anak atau orang dewasa yang gemar makan es batu, baik yang diambil dari lemari es ataupun dari minuman dingin yang dikonsumsi. Kebiasaan ini dipercaya bisa membuat tubuh terasa lebih segar dan mendapatkan sensasi dingin. (Fajar)

Kecenderungan itu merupakan gangguan yang banyak dikenal dengan sebutan Pagophagia. Bahkan ada orang yang hanya makan es batu tanpa mengonsumsi makanan lainnya seperti nasi, lauk, dan sebagainya. Jelas hal ini akan berakibat fatal pada kesehatan manusia. Orang yang doyan mengunyah es batu biasanya diawali hanya untuk mengusir rasa bosan atau punya sensasi tersendiri.

Nah, berikut ini adalah dampak buruk dari keseringan mengunyah atau makan es batu. Yuk simak ulasannya!

1. Anemia Difisiensi Besi

Beberapa peneliti percaya bahwa mengunyah es memicu efek pada orang dengan anemia defisiensi besi yang mengirim lebih banyak darah ke otak. Lebih banyak darah di otak berarti lebih banyak oksigen di otak. Karena otak terbiasa kekurangan oksigen, lonjakan oksigen ini dapat menyebabkan peningkatan kewaspadaan dan kejernihan berpikir.

2. Dehidrasi

Dehidrasi ringan juga bisa membuat seseorang ketagihan ini. Es batu mendinginkan dan dapat menenangkan mulut dan bibir yang kering selain untuk memuaskan dahaga. Mereka juga dapat membantu menurunkan suhu tubuh pada hari yang panas. Gejala dehidrasi ringan adalah haus dan urin berwarna lebih gelap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *