Inilah Makanan Yang Dapat Memicu Darah Tinggi

oleh -114 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Pola makan yang tidak seimbang menjadi salah satu faktor yang dapat meningkatkan tekanan darah pada tubuh kalian. Tekanan darah tinggi atau hipertensi harus dihindari karena memicu berbagai penyakit kronis, misalnya stroke dan serangan jantung hingga gagal jantung. (Fajar)

Walaupun, sebenarnya bisa terjadi karena aktivitas. Namun, penyakit ini bisa disebabkan oleh makanan yang anda konsumsi. Makanan apa sajakah yang memicu penyakit darah tinggi? Yuk simak ulasan berikut ini!

1. Fast Food

Source by Liputan6

Makanan fast food, seperti burger, hamburger, spaghetti, ayam goreng dan lainnya, sangat tinggi akan garam dan natrium. Garam inilah yang membuat rasa masakan fast food rasanya menjadi lebih enak. Belum lagi kandungan lemak pada makanan fast food juga tinggi, makanan ini sangat berbahaya bagi penderita tekanan darah tinggi.

2. Makanan Olahan dan Makanan Kalengan

Source by Google

Makanan olahan dan makanan kalengan ini mengandung garam dalam jumlah yang tinggi. Garam yang mengandung natrium ini digunakan pada makanan olahan ataupun pada makanan kalengan sebagai pengawet, sehingga daya simpan makanan menjadi lebih lama.

Namun, jika kalian terlalu banyak mengkonsumsi garam dalam tubuh dapat menyebabkan tekanan darah kalian akan meningkat.

3. Makanan yang Mengandung Lemak Jenuh dan Kolesterol

Source by Google

Lemak jenuh digunakan tubuh untuk memproduksi kolesterol. Jika kita terlalu banyak mengonsumsi jenis makanan yang tinggi lemak jenuh, jumlah kolesterol dalam tubuh akan turut meningkat.

Kolesterol sendiri sejatinya diperlukan oleh tubuh dalam jumlah tertentu, untuk membentuk hormon dan menjaga kesehatan sel tubuh. Tetapi, kadar kolesterol yang terlalu tinggi akan meningkatkan resiko sakit jantung dan stroke.

4. Kopi yang Mengandung Kafein

Source by Google

Kopi atau minuman berkafein lainnya bisa menstimulasi jantung untuk bekerja lebih keras. Akibatnya jantung akan memompa darah lebih cepat dan bila berlebih dapat mengakibatkan tekanan darah meningkat.

5. Makanan yang Tinggi Gula

Source by Hellosehat

Makanan tinggi garam sudah lama diketahui bisa memicu hipertensi, tapi makanan tinggi gula pun ternyata termasuk dalam jenis makanan penyebab darah tinggi. Saat kita mengonsumsi makanan dengan kandungan glukosa tinggi, tubuh akan merespons dengan memproduksi insulin.

Kadar insulin terlalu tinggi akan memengaruhi tekanan darah karena akan mengurangi pengeluaran air dan garam oleh ginjal. Selain itu, kondisi insulin yang selalu berlebihan bisa menimbulkan resistensi insulin dalam tubuh.

Resistensi insulin membuat tubuh sulit menyimpan magnesium. Bila kadar magnesium rendah dalam tubuh, pembuluh darah akan menjadi kaku dan tekanan darah akan naik.

So, buat kalian jika ingin tetap sehat selalu, harus jaga pola makan dengan benar ya sob!

Baca juga : Waspadai Gejala Keracunan Makanan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *