Inilah Penyebab Tubuh Lemas Saat Bangun Tidur

oleh -256 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Bangun tidur, tubuh justru merasa lemas dan lelah? Mungkin sebagian besar dari kalian pernah atau bahkan sering mengalaminya.

Waktu istirahat seharusnya membuat tubuh merasa segar dan bersemangat ketika bangun di pagi harinya. Namun, yang terjadi malah sebaliknya. Mata terasa berat, tubuh pegal-pegal atau segera ingin beranjak tidur lagi kan sob. (Fajar)

Ada berbagai penyebab timbulnya rasa lelah saat bangun tidur. Hal itu dapat disadari atau mungkin saja tidak disadari. Yuk simak penjelasan sebagai berikut!

1. Kurang sinar matahari

Source by Google

Jangan menggunakan tirai atau bahan yang mem-block sinar matahari ke kamar kalian. Jika ruangan terlalu gelap, ritme sirkadian sobat akan sulit antara siang dan malam sehingga, tubuh lebih sulit terbangun dari tidur di pagi hari.

Jadi, pastikan ya sob. Kamar kalian harus mendapatkan pancaran dari sinar matahari yang masuk dari jendela sehingga memberi sinyal pada otak untuk memberitahu bahwa ini saatnya terbangun dari tidur.

2. Makan junk food sebelum tidur

Source by Google

Kebiasaan ini mungkin kalian alami kan sob. Daging olahan seperti sosis, smoked beef, burger, ham dan salami akan menghasilkan gas di lambung yang membuat perut tidak nyaman. Sehingga, kalian sering bersendawa atau buang gas semalaman.

Kondisi ini tentu saja menyulitkan kalian untuk tidur nyenyak sehingga di pagi harinya tubuh merasa lelah. Selain daging, hindari juga makanan pedas, buah yang rasanya asam, saus tomat, bawang bombay dan makanan lain yang mengganggu sistem pencernaan.

3. Malas berolahraga

Source by Google

Kemudian jarang berolahraga juga membuat pagi hari saat bangun tidur menjadi tidak fresh. Dan untuk solusinya sendiri adalah dengan menjalankan olahraga secara rutin dan teratur. Olahraga sendiri dapat meredakan stress dan juga dapat membangkitkan mood positif sehingga dapat menghasilkan tidur yang lebih berkualitas dan tenang.

Beberapa jenis olahraga yang tepat untuk meningkatkan kualitas tidur sendiri adalah stretching atau yoga karena dapat menenangkan diri dan juga meningkatkan detak jantung.

4. Bermain gadget sampai larut malam

Source by Google

Banyak orang sulit meninggalkan smartphone-nya untuk berselancar di dunia sosial media seperti Twitter, Path, Instagram atau Facebook. Mengecek status teman, update status dan melihat postingan gambar seringkali membuat lupa diri dan akhirnya kalian baru bisa tidur saat dini hari.

Kebiasaan ini tentu saja tidak baik dan menurunkan kualitas tidur. Sebelum tidur, sebaiknya jauhkan ponsel, TV, laptop atau gadget lainnya agar waktu tidur kalian tidak terganggu. Sebaiknya, kalian melakukan baca buku, mandi air hangat dan lakukan peregangan sebelum tidur agar bisa tidur terlelap sob.

Jadi, jangan lakukan hal-hal tersebut ya sob! Agar harimu selalu bersemangat, dan tidak bermalas-malasan lagi.

Baca juga : Inilah 4 Bahaya Jika Kalian Sering Tidur Di Lantai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *