Kotak Pandora, Kotak Berisi Kemalangan dan Bencana

oleh -751 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Pernahkah kalian mendengar kalimat “dia telah membuka kotak Pandora”. Namun sebenarnya apa itu kotak Pandora? Dan darimana istilah ini muncul? (Nindi)

Istilah kotak Pandora ini berasal dari kisah mitologi Yunani Kuno. Pandora merupakan nama seorang wanita cantik yang diciptakan dewa. Pandora juga merupakan manusia wanita pertama yang diciptakan. Karena memang pada saat itu, hanya ada manusia laki-laki di bumi. Pandora diciptakan oleh Hephaestus, seorang putra Zeus yang juga seorang dewa pandai besi. Pandora diciptakan dari tanah liat.

Baca Juga: Medusa, Perempuan Berambut Ular

Penciptaan Pandora

Alasan mengapa Pandora diciptakan yaitu bermula dari pencurian api milik dewa Zeus. Sosok yang mencurinya yaitu seorang Titan bernama Prometheus yang menguasai bumi. Jadi Zeus ingin memberi hukuman kepada Prometheus melalui cara ini. Gadis manusia pertama itupun diturunkan ke bumi. Gadis tersebut dianugerahi kecantikan, gairah dan keanggunan layaknya seorang wanita. Prometheus yang mengetahui ini segera memperingatkan adiknya, Ephimetus tentang masalah ini. Namun, sayangnya Ephimetus justru jatuh cinta dengan keindahan Pandora hingga mereka akhirnya menikah.

Pada hari pernikahan sang gadis dengan Ephimetus, dewa memberikan hadiah yaitu kotak Pandora. Walaupun namanya kotak, faktanya benda tersebut bukanlah sebuah kotak, benda tersebut adalah sebuah guci.  Namun para dewa melarangnya untuk membuka benda tersebut. Bahkan suaminya dan Prometheus sangat memperingatkan dirinya soal hal tersebut. Namun karena rasa penasarannya semakin tak terbendung lagi. Akhirnya suatu hari saat suaminya pergi, Pandora membuka benda tersebut. Lalu saat benda tersebut terbuka terdengarlah sebuah suara dengungan keras dari kotak tersebut.

Ternyata kotak tersebut berisi keburukan-keburukan manusia. Dunia manusia yang tenang menjadi kacau akibat isi kotak yang tersebar. Kesedihan, penderitaan, keserakahan, masa tua  kejahatan, kebencian, kelaparan, sampai pembalasan dendam dan keburukan lainnya menjangkiti manusia. Wanita tersebut merasa sangat menyesal dan ketakutan. Saat ia melihat lagi ternyata masih tersisa satu hal di dalam kotak tersebut tersebut. Dan hal yang tak mampu terbang bebas, tersebut adalah harapan.

Dari sanalah istilah ” Kotak Pandora” berasal. Kotak Pandora merupakan istilah untuk benda atau perilaku yang menyebabkan masalah yang tak terduga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *