Kucing Langka yang Perlu Kamu Ketahui

oleh -809 views

ZETIZEN RADAR CIREBON- Sudah banyak sekali di dunia ini berbagai macam jenis dan ras kucing yang tersebar. Dengan keberagaman jenis kucing yang tersebar di dunia ini, ada sebagian jenis kucing yang jarang orang lihat bahkan ketahui. Banyak sekali alasan yang menjadikan sebagian jenis kucing jarang di ketahui orang-orang. Dari mulai lokasi habitatnya yang jauh dan susah untuk pergi kesana, habitan dan sumber makanan yang berkurang dan juga perburuan liar yang menjadikan beberapa jenis kucing di kategorikan kedalam kucing langka. Mau tahu apa saja kucing langka yang ada di dunia ini? Simak ulasan berikut. (farhan)

Kucing Emas Asia

Source by Republika

Walaupun dinamakan kucing emas, kucing langka yang satu ini tidak selalu berwarna emas. Warna kucing tersebut beragam, bahkan selama siklus hidupnya kucing ini dapat berubah warna menjadi abu-abu atau kemerahan. Siklus penyebaran kucing emas cukup besar yaitu di daerah Afrika, Tibet, Nepal, Cina, Burma, Thailand, Malaysia bahkan Indonesia. Kucing ini biasa hidup di daerah hutan hujan tropis ataupun subtropis. Pada tahun 2008 kucing ini dimasukan oleh IUCN atau Internasional Union for Coservation of Nature sebagai kucing yang hampir terancam punah.

Kucing Pallas

Source by IDN Times

Memilki bulu yang tebal dan tubuh gempal pasti membuat kesan lucu dan menggemaskan untuk orang yang melihatnya. Walaupun kucing ini berukuran seperti kucing domestik, kucing yang juga disebut manul ini termasuk kedalam kucing liar. Habitat yang disukai oleh kucig pallas yaitu di padang rumput stepa di Asia Tengah wilayah Mongolia, Tiongkok dan Dataran Tinggi Tibet. Pada tahun 2002 IUCN mengklasifikasikan kucing ini sebagai hewan yang hampir terancam punah. Banyak sekali alasan kenapa manul dapat disebut sebagai hewan yang terancam punah. Salah satunya yaitu habitat nya yang tersebar luas tetapi tidak merata.

Kucing Bakau/ Fishing Cat

Source by Phinemo

Seperti namanya Kucing Bakau atau Prionailurus viverrinus atau juga yang sering di sebut sebagai Fishing Cat ini termasuk kucing liar yang suka memangsa ikan. Karena hobinya yang sering memangsa ikan menjadikan kucing ini berbeda dengan kucing yang lainnya yaitu menyukai air dan menjadi perenang handal. IUCN memasukan kucing ini kedalam red list atau daftar hewan terancam punah karena habitatnya yaitu di daerah rawa dan juga sungai Asia Selatan dan juga Asia Tenggara yang sering dijadikan lahan basah yang dikeringkan oleh manusia untuk digunakan sebagai pemukiman.

Kucing Pasir

Source by IDN Times

Kucing yang pernyebaran nya di padang pasir Afrika dan barat daya Asia Tengah ini berukuran sama seperti kucing domestik tetapi tidak cocok untuk dijadikan sebagai kucing peliharaan karena terkanal dengan keganasannya. Kucing pasir atau kucing felis ini mempunyai beberapa keunikan salah satunya yaitu mempunyai bulu yang tumbuh di area bantalan kakinya yang berfungsi untuk melindungi kakinya panas pasir. Selain itu juga kucing ini sulit sekali ditemukan karena tidak meninggalkan jejak saat ia berjalan di pasir. Pada tahun 2016 IUCN menurunkan status kucing ini kedalam kategori risiko rendah.

Kucing Andes

Source by Gerava

Kucing Andes atau Leopardus Jacobita ini termasuk kedalam kucing yang tercancam punah karena paling langka di dunia. Kucing andes ini tinggal di pegunungan Andes perbatasan Chile, Peru, Argentina dan Bolivia. Saking langka nya diperkirakan pupulasi kucing ini hanya tersisa kurang dari 2.500 individu yang diperkirakan masih ada. Kucing Andes dikenal sebagai kucing yang tidak terbiasa dengan manusia. Pengembangan pertambangan, dan juga perburuan tradisional yang menjadikan ancaman kehidupan kucing andes ini.

Jenis Kucing Paling Populer yang Perlu Kalian Ketahui 

Jenis Anjing Terlucu di Dunia yang Perlu Kamu Ketahui

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *