Masih Menyimpan Zoom? Berikut Masalah Bila Tidak Hapus Zoom

oleh -305 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Layanan Konferensi video, Zoom masih sering diperbincangkan hangat sejumlah orang. Banyak orang berpendapat Zoom memiliki masalah keamanannya yang berbahaya.

Bahkan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menghimbau seluruh pegawainya untuk melarang menggunakan aplikasi video conference Zoom untuk kepentingan pekerjaan. Lantas dampak apa yang diberikan ketika masih menyimpan aplikasi zoom?. Simak informasinya. (seno)

1. Pemetaan Wajah

Berdasarkan penelusuran CNN.com, Pakar keamanan siber dari CISSRec, Pratama Persadha menjelaskan hal yang paling riskan menggunakan Zoom adalah pertama kasus pemetaan wajah para pengguna Zoom yang saat ini paling disoroti.

“Pemetaan wajah pengguna ini berbahaya karena sejumlah perangkat kini membuka kata sandi dengan wajah. Bisa diartikan bila ada penyalahgunaan atau bocornya data wajah pemakai akan berakibat risiko keamanan yang besar,” jelas Pratama beberapa waktu lalu.

2. Akun dijual ke dark web dan forum hacker

Masalah ini sangatlah berbahaya apabila mengsangkut pautnya dengan hacker. Beberapa waktu lalu, perusahaan keamanan siber AS, Cybersecurity Cyble mengeluarkan laporan yang menyebut ada 500 ribu akun Zoom yang dijual, 290 akun di antaranya memiliki keterkaitan dengan beberapa universitas di Amerika Serikat.

Ada juga akun-akun Zoom dari perusahaan ternama AS seperti Chase dan Citibank.

Akun-akun tersebut dijual di dark web (juga dikenal dengan darknet) dan forum peretas. Peretas menjual akun dengan harga yang sangat murah yaitu US$0,0020 sen per akun.

3. Pelacak tanpa diketahui

Masalah lainnnya bisa melacak pegunna nya tanpa sepengetahuan. Zoom sempat dikritik karena fitur pelacakan peserta rapat. Saat diaktifkan, host atau penyelenggara rapat dapat memeriksa apakah peserta menjauh dari laptop selama panggilan.

Baca juga: Fitur Terbaru di Google Meet, Mirip yang ada di Zoom

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.