Medusa, Perempuan Berambut Ular

oleh -2.124 views

ZETIZEN RADAR CIREBON Medusa, siapa yang tidak pernah mendengar nama wanita yang satu ini. Makhluk ini adalah salah satu makhluk dalam cerita legenda dari Yunani kuno. Medusa adalah sosok perempuan cantik yang memeliki rambut ular. Dan, barang siapa yang melihat matanya konon akan berubah menjadi batu. Arti dari nama sosok ini adalah penjaga. (Nindi)

Salah Satu Dari Gorgon Bersaudara

Dalam Theogony karangan Hesiod, dituliskan bahwa Medusa adalah anak dari Phorkys, dewa laut purba dan adik dari Keto. Dia adalah satu-satunya anak dari kedua dewa tersebut yang merupakan makhluk tidak abadi. Sedangkan kedua saudarinya yang lain yaitu Stheno dan Euryale, tergolong makhluk abadi. Ketiganya dikenal dengan sebutan sebagai tiga Gorgon bersudara. Mereka hidup di luar Oceanus yang terkenal di ujung dunia yang keras. Kisah Medusa merupakan yang paling terkenal diantara saudaranya yang lain. Bahkan kisah kematiannya disebut secara singkat oleh Hesiod.

Baca Juga: Siren, Legenda Makhluk Bersuara Indah Pembawa Petaka

Medusa Dikutuk

Sebelum dikutuk, Ia merupakan pendeta wanita di kuil Athena. Dikarenakan parasnya yang cantik, Poseidon saudara dari Hades dan Zeus menjadi tertarik padanya. Karena rasa ketertarikannya Poseidon kemudian merusak si cantik ini.

Athena yang mengetahui ini menjadi murka. Athena marah karena Poseidon telah berbuat hal yang tidak pantas di kuilnya. Dikarenakan kemarahannya Athena mengutuk Medusa agar tidak ada lagi pria yang tertarik padanya. Athena mengutuknya sehingga siapa saja yang nenatapnya secara langsung akan berubah menjadi batu. Selain itu sosoknya berubah menjadi memeliki rambut ular.

Kematian Medusa

Sosok ini tewas dibunuh oleh Perseus yang diperintahkan oleh Raja Polidektes dari Serifos yang meminta kepala Medusa sebagai hadiah. Perseus dibantu oleh para dewa lainnya. Perseus menerima bantuan Hades yaitu Topi Gaib. Lalu ada sepasang sandal bersayap dari Hermes. Selain itu ada perisai perunggu reflektif dari Athena. Yang terakhir yaitu pedang dari Hephaestus.

Perseus yang datang ke kediaman Gorgon bersaudara, secara diam – diam lalu menyerang Medusa selagi dia tertidur. Perseus merefleksikan pandangan wanita berambut ular tersebut melalui perisai yang diberikan Athena sehingga berhasil memenggal Medusa. Perseus lantas membawa pulang kepalanya tersebut. Walaupun telah tewas kepala Medusa masihlah tetap memeliki kekuatan yang sama. Setelah Ia dipenggal keluarlah Pegassus dari lehernya. Dan darahnya berubah menjadi ular berbisa. Selain Pegassus, ada Chrysaor yang keluar dari tubuhnya. Chrysaor adalah seorang raksasa yang terlahir dengan memegang pedang emas di tangannya.

Lambang Amarah dan Perlindungan

Walaupun terkadang dicap sebagai perempuan jahat namun dia juga berarti perlindungan. Namanya berasal dari kata kerja bahasa Yunani kuno yang memeliki arti “untuk menjaga atau melindungi”. Selain itu karena kisahnya yang tragis sosok ini dijadikan perlawanan terhadap patriarki. Kekuatannya masih tersasa walaupun sosoknya telah tewas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *