Melimpahnya Manfaat Mengonsumsi Kurma

oleh -157 views
source bangka.tribunnews.com

ZETIZEN RADAR CIREBON – Kurma menjadi menu favorit di bulan ramadhan seperti ini. Selain karena Sunnah nabi, di Indonesia kurma mudah di jangkau dan ternyata menyimpan banyak khasiat. Keistimewaan buka puasa dengan buah kurma ini juga dijelaskan oleh Ustaz Hanan Attaki. Dia mengatakan bahwa cara Nabi Muhammad berbuka puasa memang bukan wajib untuk ditiru tapi diharapkan dapat memotivasi kita berbuka puasa dengan cara sederhana tapi tetap sehat. Berikut keuntungan dan manfaat mengonsumsi kurma. (alwan)

Memberi Rasa Kenyang yang Tahan Lama

Kandungan serat dan gula alami memberikan rasa kenyang yang bertahan lebih lama. Itulah sebabnya kita sudah merasa cukup kenyang meskipun hanya makan beberapa butir kurma saat buka puasa. Energinya juga tak cepat hilang sehingga mampu mengganjal perut sampai tiba waktu makan utama, bahkan sampai setelah shalat Isya atau Tarawih.

Sumber Serat Untuk Melancarkan Pencernaan

Kurma merupakan sumber serat yang baik untuk tubuh. Dalam 3,5 ons kurma terdapat 7 gram serat. Serat baik bagi saluran pencernaan untuk mencegah sembelit. Penelitian menunjukkan, orang yang mengonsumsi tujuh kurma setiap hari, buang air besar secara teratur dibandingkan sebelum makan kurma.

Mengontrol Gula darah

Kurma adalah pemanis alami dengan kandungan fruktosa yang baik untuk tubuh. Fruktosa merupakan jenis gula alami yang ditemukan dalam buah. Kandungan gula ditambah dengan serat yang tinggi di dalam kurma bermanfaat untuk mengontrol gula darah. Serat mencegah kadar gula darah melonjak terlalu tinggi setelah makan. Kehadiran serat membuat kurma memiliki indeks glikemik rendah yang baik dikonsumsi untuk mencegah diabetes.

Menjaga Kesehatan Tulang

Kurma mengandung sejumlah mineral yang baik untuk kesehatan tulang. Mineral yang terdapat di dalam kurma meliputi fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium. Kandungan mineral ini dapat mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis

Mencegah Kanker

Kurma mengandung sejumlah antioksidan yang dapat mencegah sejumlah penyakit kronis. Antioksidan melindungi sel-sel di dalam tubuh dari radikal bebas, penyebab peradangan dan kerusakan organ. Antioksidan yang terkandung dalam kurma, yaitu flavonoid, bermanfaat mengurangi risiko diabetes, Alzheimer, dan kanker. Ada pula karotenoid yang menjaga kesehatan jantung dan mata. Kandungan antioksidan asam fenolik di dalam kurma juga dapat mencegah inflamasi dan sejumlah penyakit kanker.

Meningkatkan Kesehatan Otak

Konsumsi kurma juga meningkatkan fungsi otak. Penelitian menunjukkan, kurma dapat mengurangi inflamasi di otak dan mengurangi risiko penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer. Studi lain pada hewan menemukan kurma dapat mengurangi protein beta amiloid yang membentuk plak di otak. Plak yang menumpuk dapat menyebabkan kematian sel. Kurma juga mengurangi gejala kecemasan.

Meringankan Persalinan

Konsumsi kurma pada ibu hamil juga dapat meringankan persalinan. Mengonsumsi kurma di minggu-minggu terakhir kehamilan dapat menurunkan risiko persalinan dengan diinduksi. Studi menunjukkan, ibu hamil yang rutin mengonsumsi kurma melahirkan secara normal dengan waktu empat jam lebih sedikit dibandingkan ibu hamil yang tidak memakan kurma. Kandungan senyawa yang mengikat reseptor oksitosin dalam kurma disinyalir dapat memicu kontraksi saat melahirkan. Kurma juga mengandung tanin, senyawa yang membantu kontraksi alami.

Mengatasi Disfungsi Seksual

Kurma juga baik untuk kesehatan seksual. Sejumlah penelitian mendapati kurma bisa meringankan disfungsi seksual.

Itulah manfaat mengonsumsi kurma bagi kesehatan khususnya, dan masih banyak manfaat lain dari mengonsumsi kurma. Tetapi yang perlu di ingat mengonsumsi berlebihan juga tidak baik, karena segala sesuatu yang berlebihan pasti terdapat dampak negatif didalamnya.

Baca juga: Hindari Makanan Ini Saat Berbuka Puasa!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.