Northern Lights, Pillar Cahaya yang Menawan di Utara

oleh -416 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Bagi sebagian orang, fenomena alam ini masih asing dan masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Namun bagi masyarakat barat, antara akhir September sampai akhir Maret, negara-negara yang berlokasi di utara menjadi destinasi wisata bagi mereka yang ingin melihat Northern Lights. Namun sebenarnya apa itu Northern Lights? Dan bagaimana fenomena alam ini bisa terbentuk? (Zhorif)

Jika warna-warni pelangi saja sudah dapat membuat kita terpesona, fenomena langit yang satu ini pasti membuat kita takjub. Northern Lights adalah fenomena alam berupa pilar cahaya bewarna warni yang indah. Fenomena ini terbentuk ketika atom dan molekul di atmosfer terluar bumi bertabrakan dengan elektron berenergi tinggi. Fenomena ini terjadi kira-kira 100 kilometer diatas permukaan bumi.

Fenomena yang dikenal juga sebagai Aurora Borealis ini tidak terjadi setiap waktu. Layaknya cuaca, fenomena ini cukup sulit diprediksi, dan dapat muncul dan menghilang secara tiba-tiba. Munculnya Aurora Borealis tergantung pada energi dari matahari yang menghasilkan atom dan molekul, sedangkan lokasi terjadinya tergantung pada medan magnet bumi. Tetapi sesuai namanya, Northern Lights ini hanya muncul di bumi bagian utara.

Baca juga: 5 Destinasi Wisata Di Swiss Yang Wajib Dikunjungi

Aurora Borealis muncul dalam bentuk sabuk yang menghubungkan bagian tengah Alaska dan Kanada, ujung selatan Greenland dan Iceland, dan bagian utara Norwegia, Swedia, Finlandia, dan Russia. Aurora Borealis juga berkemungkinan besar terbentuk saat cuaca dingin dan kering, dan paling sering terjadi pada antara akhir September sampai akhir Maret dari jam 6 PM sampai 2 AM.

Kesabaran merupakan kunci untuk “berburu” Northern Lights atau Aurora Borealis. Karena Aurora Borealis hanya akan muncul jika waktunya tepat dan seringkali hanya berdurasi sebentar. Saat ini, Aurora dilaporkan sering muncul di Lofoten, Tromsø, dan Lyngenfjord, ketiganya berada di Norwegia.

Baca juga: 5 Destinasi Wisata Di Norwegia Yang Wajib Dikunjungi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *