Penaklukan Konstantinopel 29 Mei 1453

oleh -861 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Penaklukan Konstantinopel menjadi salah satu puncak kejayaan islam pada masa Kesultanan Utsmaniyyah. (angga)

Dilansir dari Wikipedia,  penaklukan ini juga menandakan jatuhnya Kekaisaran Romawi ke tangan Turki yang dipimpin oleh Mehmed II.

Mehmed II atau yang dikenal dengan nama Sultan Muhammad Al-Fatih ini mendapat julukan “Sang Penakluk” setelah peristiwa besar ini.

Baca Juga : Tata Cara Melaksanakan Puasa Syawal

Sebagai seorang pemimpin, Sultan Muhammad Al-Fatih menyiapkan segala kemungkinan dan strategi baru untuk penaklukan.

Mulai dari menambah jumlah pasukannya sebanyak 250.000 mujahid, hingga menyediakan 400 kapal untuk armada laut Utsmani. Ia telah melakukan berbagai pertimbangan dengan penambahan pasukan dan strategi baru ini.

54 hari pertempuran di Konstantinopel, pada tanggal 29 Mei 1453 sebelum matahari tepat berada di atas kepala, akhirnya Penaklukan Konstantinopel berhasil terwujud di tangan Sultan Muhammad Al-Fatih.

Al-Fatih kemudian turun dari kudanya dan bersujud kepada Allah atas tanah yang direbutnya, serta tak lupa Al-Fatih menyampaikan selamat kepada pasukannya atas kemenangan yang diraih dan melarang melakukan pembunuhan. Sebaliknya Al-Fatih memerintahkan memperlakukan dengan baik dan lemah lembut.

Penaklukan ini menunjukkan betapa kuatnya umat muslim di dunia, atas rahmat Allah azza wa jalla, pasukan Al-Fatih dapat menaklukan Konstantinopel dan mengawali kebangkitan islam pada masa itu.

Pada hari ini, Jum’at 29 Mei 2020 tepat peringatan yang ke-567 tahun Penaklukan Konstantinopel yang pastinya akan selalu dikenang.

Wallahu a’lam bish-shawabi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.