Poppy, si Cantik Berbahaya yang Jadi Simbol Pahlawan

oleh -1.902 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Bagi pencinta tanaman hias mungkin sudah tidak asing lagi dengan bunga yang satu ini. Warnanya yang cantik dan beragam membuat poppy sangat cocok dijadikan tanaman hias. Namun tahukah kamu bahwa bunga indah ini mengandung racun. Bahkan ada yang menghasilkan getah yang mengandung senyawa yang terdapat dalam narkotika dan turunannya. (Nindi)

Bunga cantik ini tergolong ke dalam jenis bunga liar walaupun sudah banyak yang membudidayakan. Bunga ini termasuk dalam subkeluarga Papaveroideae dari keluarga Papaveraceae. Biasanya bunga ini tumbuh berkelompok di pegunungan maupun padang rumput. Walaupun terkenal dengan bunga merahnya, namun tanaman ini sebenarnya memiliki banyak warna. Seperti misalnya merah jambu, putih, kuning, oranye, merah darah, biru, bahkan ungu. Ada terdapat 120 spesies dari bunga menarik ini.

Baca Juga: Wolfsbane, Tanaman yang Berkaitan dengan Werewolf

Walaupun semua bunga poppy mengandung racun, namun tidak semua jenis mengandung opium. Opium poppy atau papaver somniferum adalah jenis poppy yang mengandung candu. Jenis ini adalah tanaman asli Eurasia, yang telah dibudidayakan sejak lebih dari 6000 tahun yang lalu.

Racun tanaman ini terdapat di seluruh bagian kecuali bijinya. Bahkan bijinya dapat diolah menjadi makanan. Saat seseorang memakan buah mentah bunga poppy, maka akan terjadi keracunan. Lebih jauh lagi jenis papaver somniferum menjadi bahan baku utama dari pembuatan narkotika jenis candu atau opium. Dilansir dari Wikipedia dokter pada zaman mesir kuno akan menyuruh pasiennya memakan biji bunga poppy untuk penghilang rasa sakit. Dan biji bunga ini mengandung sejumlah kecil morfin dan kodein yang merupakan obat penghilang rasa sakit yang masih digunakan hingga saat ini.

Poppy, Lambang dari Kematian dan Tidur Panjang

Bunga poppy yang identik dengan warna merah darah menjadikannya seolah dekat dengan kematian. Bunga ini menjadi lambang tidur panjang karena mengandung bahan penenang (sedative). Dan Bahkan saat zaman Romawi kuno, bunga ini menjadi lambang sebuah kematian. Sumber lain menyebutkan bahwa Bunga ini juga disebut lambang reinkarnasi setelah kematian. Dan juga bunga menawan ini akan digunakan orang Romawi kuno sebagai persembahan bagi mereka yang meninggal. Lalu bunga ini akan dipahat di batu-batu nisan sebagai lambang tidur abadi.

Di Negara Eropa khususnya seperti Britania Raya juga negara Commonwealth lainya, bunga poppy memiliki arti khusus. Bunga poppy jenis Papaver rhoeas  dijadikan simbol untuk memperingati para korban Perang Dunia I. Peringatan ini ada pada setiap tanggal 11 November yang sering disebut juga sebagai Remembrance Day.
Pada tanggal 25 April di Selandia Baru juga Australia, bunga ini digunakan pada peringatan ANZAC Day. hal ini merupakan perlambangan dari Returned Services Association (RSA) untuk mengenang jasa para pahlawan mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *