Simak Inilah Dampak Buruk Dari Tidur Berlebih

oleh -113 views
Source by Media Indonesia

ZETIZEN RADAR CIREBON – Kurang tidur itu tidak baik. Berlebih jam tidur ternyata juga buruk. Normalnya, manusia dianjurkan untuk tidur selama 7-8 jam. Pada durasi ini, ahli menganggap jika tubuh akan sehat dan bugar dengan jangka waktu tersebut. (Fajar)

Seseorang yang mengalami kekurangan tidur, maka akan sangat mengantuk serta menganggu aktivitas sehari-hari. Bisa jadi, rasa kantuk itu muncul siang hari di kantor sehingga bisa menyebabkan produktivitas kerja terganggu.

Ketahuilah apa saja bahaya tidur terlalu lama terhadap kesehatan kalian, Yuk simak penjelasan berikut ini.

1. Obesitas

Penelitian mengungkap, orang yang biasa tidur berlebih atau sekitar 9 – 10 jam pada malam hari cenderung akan mengalami obesitas dibanding orang-orang dengan jam tidur yang normal. Hal serupa juga dapat terjadi pada kondisi kurang tidur.

2. Diabetes

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tidur berlebih, bisa meningkatkan risiko diabetes. Penyakit ini pun menjadi salah satu penyumbang kematian terbesar di Indonesia.

Kementerian Kesehatan RI merekomendasikan aktivitas fisik minimal 30 menit sehari, untuk mencegah diabetes. Kalian bahkan bisa melakukannya secara sederhana, misalnya dengan membersihkan rumah.

3. Sakit kepala

Rasanya hampir semua orang yang tidur terlalu lama, kemudian saat bangun kepalanya merasa pusing dan sakit. Akibat tidur terlalu lama ini adalah suatu hal yang lazim, mengingat senyawa kimia yang ada di dalam otak mengalami gangguan.

4. Gangguan daya ingat

Salah satu manfaat tidur adalah meningkatkan fungsi otak, terutama yang berkaitan dengan kemampuan daya ingat. Namun, hal ini tidak berlaku apabila kalian tidur terlalu lama. Ya, akibat tidur terlalu lama ternyata justru membuat daya ingat mengalami penurunan.

Bahaya tidur terlalu lama yang satu ini dikarenakan saat kalian tidur berlebih dari durasi normal, fungsi daripada sel-sel otak akan terdegradasi, sehingga berdampak pada daya ingat yang melemah.

5. Depresi

Walau insomnia lebih sering dihubungkan dengan depresi ketimbang oversleeping, sebanyak 15 persen penderita depresi, sering tidur terlalu lama. Padahal, oversleeping malah akan memperparah depresi. Untuk bisa pulih, penderita depresi harus menjalani pola tidur yang baik.

Baca Juga : Simak Penjelasannya Mengapa Manusia Bisa Merinding!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.