Simak Penjelasannya Kenapa Manusia Bisa Merinding!

oleh -196 views
Source by idntimes

ZETIZEN RADAR CIREBON – Apakah kalian pernah merinding? Ya, tentu semua orang pernah mengalami hal ini di berbagai kondisi. Biasanya merinding atau berdirinya rambut di area tubuh manusia terjadi saat merasakan dingin, takut akan sesuatu, dan sebagainya. (Fajar)

Seseorang akan merasa hal tersebut ketika merasa dingin, takut, sedih, senang, terangsang secara seksual, atau mengalami perasaan emosional yang cukup kuat. Bahkan merinding juga bisa terjadi saat kita menjalani aktivitas sehari-hari seperti ketika sedang buang air kecil.

Ini adalah reaksi spontan tubuh yang berkaitan dengan pertahanan diri. Pada manusia, mungkin hal ini tidak akan terlihat signifikan. Bahkan kita bisa tidak tahu ketika orang di sebelah kita sedang merinding.

Lalu, apa sajakah penyebab dari merinding? Yuk simak ulasannya!

1. Emosi kuat

Ada banyak cara tubuh merespon emosi yang begitu kuat. Respon yang paling umum adalah meningkatnya aktivitas elektrik di otot bawah kulit dan bertambah cepatnya seseorang bernapas. Kedua hal ini dapat memicu terjadinya merinding.

Tak hanya itu, hal ini juga biasanya identik dengan reaksi saat mendapat sentuhan. Entah itu merasa senang atau sedih, atau keduanya terjadi di saat bersamaan.

Atau lihat saja bagaimana seseorang bisa merasa merinding beberapa kali saat sedang menonton bioskop. Bandingkan dengan ketika dia mendengarkan lagu yang juga emosional. Hal ini berkaitan dengan stimulus visual.

2. Keadaan dingin

Tidak hanya manusia, rambut tubuh mamalia bisa merinding dan berdiri ketika dingin. Itu akan membuat merasa sedikit hangat.

Saat kedinginan, otot-otot di sekitar rambut akar akan berkontraksi sebagai bentuk dari refleks tubuh. Itu turun-temurun dari nenek moyang kita. Bahkan kadang, untuk mamalia yang punya bulu lebih panjang dari manusia, kalian bisa melihatnya seakan tegak berdiri.

Baca juga : Inilah Cara Alami Mengobati Radang Amandel

3. Cara tubuh menghangatkan diri

Kerap kali orang merasa merinding ketika menapakkan kaki ke luar rumah di tengah musim dingin atau udara bersuhu rendah. Ketika hal ini terjadi, otot yang terhubung dengan folikel rambut akan berkontraksi. Akibatnya, kulit di sekitar folikel menegang dan menarik rambut yang terhubung.

Pada binatang pun, cara ini dapat menjadi cara untuk menangkap udara sehingga terjadi insulasi (proses menyimpan panas agar tidak keluar tubuh). Ketika tubuh sudah merasa lebih hangat, bulu akan perlahan ‘tertidur’ kembali. Biasanya, rasa merinding hanya berlangsung beberapa detik.

4. Perasaan bahagia

Pada akhirnya, emosi itu merujuk gak hanya pada emosi buruk, namun juga bisa pada emosi baik seperti kebahagiaan. Itu sebabnya kalian bisa merinding dan bulu kuduk kalian berdiri.

Buat kalian yang sering merinding tiba-tiba, coba tanyakan pada dirimu apa penyebabnya. Jika bukan karena kedinginan, bisa jadi kalian sedang emosional. Penting buatmu untuk tahu apa yang kalian rasakan. Siapa tahu kalian sedang stres dan membutuhkan pertolongan. Jangan sungkan-sungkan untuk meminta bantuan ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *