Simak Tips Agar Hemat Belanja Menjelang Lebaran

oleh -150 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Tak terasa bulan Ramadan sebentar lagi akan usai. Itu artinya hari Lebaran akan segera datang. Berkaitan dengan menyambut datangnya hari raya ini, banyak persiapan yang dilakukan. Namun, persiapan dalam menyambut datangnya hari Lebaran ini terkadang membuat pengeluaran membengkak. (Fajar)

Dengan maraknya online store, membuat kita semakin mudah untuk membeli sesuatu yang dibutuhkan. Kita tinggal klik dan semua kebutuhan menjelang Lebaran bisa dengan mudah tersedia. Walaupun praktis dan mudah, belanja online bisa mendorong kita untuk lebih konsumtif dan malah menghabiskan lebih banyak uang jika kita tidak cermat.

Lantas, bagaimana caranya agar pengeluaran saat menjelang lebaran itu tidak boros? Yuk simak tips belanja agar tidak boros versi Zetizen Radar Cirebon!

1. Pakaian Lama Tidak Masalah

Source by Medioku

Salah satu tradisi lain dalam merayakan Lebaran yaitu membeli baju baru. Walau tradisi ini memang cukup dinantikan, tetapi nyatanya hal ini tidak harus dilakukan apalagi apabila membeli baju baru dapat membebani kalian secara finansial. Tidak ada salahnya kalian dan keluarga memakai baju yang sudah ada di lemari. Siapa tahu ada baju yang masih belum pernah kalian pakai sama sekali.

Perlu diingat juga bahwa ini tidak hanya berlaku untuk baju baru saja. Seringkali pembagian THR di akhir bulan Ramadan dapat mendorong kalian untuk membeli barang-barang baru yang mungkin sebenarnya tidak terlalu kalian butuhkan saat itu.

2. Tabung Sebagian Uang

Source by Kompas.com

Setelah mendapat penghasilan, biasakan untuk langsung menyisihkan untuk menabung dan investasi. Jangan lupa untuk manfaatkan uang THR yang kamu dapatkan jelang Lebaran sebagai ajang untuk menabung dan investasi lebih besar dari biasanya.

Baca juga : 5 Aplikasi Ini Bisa Untuk Ucapan Hari Raya Idul Fitri

3. Hindari Terlalu Sering Pergi Ke Pusat Perbelanjaan

Source by Okezone

Terlalu sering pergi ke pusat perbelanjaan menjadi hal yang harus kamu hindari selanjutnya agar bisa lebih berhemat jelang Lebaran. Jalan-jalan dan mengunjungi pusat perbelanjaan akan menuntut kalian untuk melakukan pengeluaran. Batasi untuk pergi ke pusat perbelanjaan hanya jika dibutuhkan dan hal ini akan membuatmu lebih hemat dan bijak dalam mengelola keuangan.

4. Buat Daftar Prioritas Anggaran

Source by Catatan Roiza

Catat setiap keperluan dari yang paling penting hingga yang kurang penting. Pencatatan ini akan meminimalisir kemungkinan belanja barang yang sebenarnya tak dibutuhkan. Selain itu, pencatatan ini akan membuatmu bisa menyusun daftar prioritas anggaran belanja yang akan memudahkan kalian mengutamakan membeli kebutuhan yang menjadi prioritas utama.

Itu dia 4 tips belanja hemat yang bisa kalian terapkan, ya. Ingat untuk tidak menghabiskan uang dengan membeli sesuatu yang tidak kita butuhkan. Menabung akan lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *