Sørvágsvatn, Danau Di Atas Laut yang Sempat Viral

oleh -618 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Sejak dulu, kita selalu terpesona oleh ilusi optik dan menjadi kebanggaan tersendiri bagi yang membuatnya. Ilusi optik tidak hanya bisa dihasilkan oleh manusia, tetapi alam juga bisa menghasilkannya. Contohnya adalah danau di atas laut bernama Sørvágsvatn yang sempat viral karena foto di atas. (Zhorif)

Dengan luas 3,4 km persegi, Sørvágsvatn adalah danau terbesar di Kepulauan Faroe. Dengan pemandangan yang spektakuler, dataran disekitar danau ini memiliki ciri khas seperti tundra. Jika di foto dari sisi yang tepat, maka akan memberikan ilusi optik seakan-akan danau tersebut berada diatas samudra Atlantik. Namun faktanya danau ini berlokasi 30-40 meter-an diatas permukaan laut.

Baca juga: Fjord, Lembah yang Menjulang Tinggi Dengan Perairannya yang Dalam

Danau Sørvágsvatn terletak di pulau Vágar, yang berlokasi diantara kota Sørvágur di bagian barat dan desa Vatnsoyrar di bagian utara. Di bagian selatan danau ini terdapat air terjun yang menuju ke laut, yang bernama air terjun Bøsdalafossur. Danau ini juga cukup berperan pada era Perang Dunia Ke-2. Dikarenakan lokasinya yang strategis, Inggris membangun bandara militer di bagian barat danau ini untuk mengantisipasi kapal perang Jerman yang lewat.

Masyarakat lokal sering berdebat mengenai nama danau ini. Ada yang menamainya Sørvágsvatn dan ada juga yang menamainya Leitisvatn. Selain itu, banyak mitos yang menyelimuti danau ini, contohnya adalah mitos tentang makhluk bernama Nykur. Berwujud kuda yang menawan, Nykur merayu orang-orang untuk menaikinya lalu membawa penunggangnya ke dasar laut untuk menenggelamkan dan membunuhnya.

Baca juga: 5 Destinasi Wisata di Norwegia yang Wajib Dikunjungi

Akses untuk menuju ke danau ini cukup mudah, dikarenakan terdapat bandara di pulau Vágar. dari bandara tersebut, kita bisa memilih untuk berjalan atau menggunakan mobil untuk mencapai danau. Setelah sampai, kita akan disambut pemandangan ombak dari samudra Atlantik yang “menabrak” tebing dan padang rumput yang hijau, diiringi dengan suara air terjun Bøsdalafossur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *