Tips Agar Kuat Lari 12 Menit

oleh -1.877 views

ZETIZEN RADAR CIREBON- Lari 12 menit adalah tes fisik yang sering sekali digunakan untuk seseorang masuk dalah semua akademik seperti kepolisian ataupun militer. Lari 12 menit mulai dibuat oleh Dokter Ken Cooper pada tahun 1968 yang bertujuan untuk mengukur kesehatan jasmani seseorang yang ingin melanjutkan studinya kedalam akademi militer amerika. Saat ini tes lari 12 menit sudah dijadikan sebagai salah satu syarat diterimanya seseorang yang ingin masuk kedalam akademi kepolisisan ataupun militer di Indonesia. Mau tahu apa saja tips agar sobat kuat untuk lari 12 menit? simak ulasan berikut. (farhan)

Niat

Source by Fitnessforman

Pertama dan yang paling utama untuk mencapai sebuah tujuan adalah sebuah niat. Untuk dapat berlari 12 menit dengan kuat hal yang harus sobat tanamkan dalam diri sobat adalah niat. Karena hal yang paling berpengaruh dalam sebuah kesuksesan adalah niat yang kuat. Tanpa niat yang kuat sobat tidak akan mencapai target sobat untuk dapat bisa bertahan untuk berlari 12 menit.

Latihan

Source by Hello Sehat

Latihan yang rutin adalah cara efektif untuk sobat dapat mendapatkan ketahanan saat melaksanakan lari 12 menit. Sobat tidak perlu untuk latihan berat terlebih dahulu, cukup jogging setiap pagi ataupun sore dan dilakukan secara rutin ketahanan tubuh sobat akan mulai terbentuk. Latihan ini berfungsi untuk membentuk ketahanan fisik, daya tahan kaki dan juga pernafasan. Sobat dapat melakukannya cukup 30 menit tanpa berhenti dan dilakukan setiap hari.

Lari Tanpa Waktu

Source by CNN Indonesia

Saat sobat sedang berlatih untuk dapat berlari 12 menit dengan kuat cobalah sesekali untuk berlari tanpa waktu. Contohnya seperti lari beberapa putaran lapangan sepak bola. Tidak usah lari secepat mungkin. Larilah dengan santai dan sekuat yang sobat bisa. Latihan tersebut berfungsi untuk membiasakan otot kaki menjadi kuat dan juga lentur.

Makan Makanan Bergizi

Source by Google

Selain latihan yang teratur makanan yang sobat konsumsi pun berpengaruh untuk ketahanan sobat saat mencoba lari 12 menit. Konsumsi makanan dengan kadnungan protein yang tinggi untuk menghasilkan energi ke otot. Ketika berlari, otot sangat membutuhkan zat protein untuk dapat bekerja dengan maksimal. Cobalah juga untuk mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan agar sobat mendapatkan asupan vitamin dan juga serat. Hindari untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh seperti gorengan.

 

Baca Juga:

Black-Footed Cat, Si Imut yang Mematikan

Olahraga Ruma yang Dapat Kamu Lakukan Saat Pandemi

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *