Henna, Tradisi Perindah Diri Saat Idul Fitri

oleh -824 views

Sumber: Pinterest by Amelia Design

ZETIZEN RADAR CIREBON – Setelah menahan diri selama satu bulan lamanya, umat Muslim akhirnya merayakan hari kemenangannya. Ya, akhirnya umat Muslim merayakan hari raya Idul Fitri. Umat Muslim di berbagai negara memiliki tradisi uniknya masing-masing saat merayakannya. Seperti halnya Indonesia yang memiliki tradisi membeli pakaian baru saat hari raya. Negara lainpun memiliki tradisi untuk memperindah diri mereka saat hari kemenangan tersebut, salah satunya adalah Henna. (Nindi)

Baca juga: 5 Kue Identik Perayaan Hari Raya Idul Fitri

Tradisi Memakai Henna Saat Idul Fitri

Sumber: Hijab – Dream.co.id

Salah satu tradisi menyambut Idul Fitri adalah menghias diri dengan Henna. Hal ini biasa dilakukan oleh para perempuan di Timur Tengah dan Asia Selatan. Khususnya di negara-negara muslim seperti Mesir, Maroko, Arab Saudi, Iran, Irak, Pakistan, dan juga India.

Henna, memang sudah tidak asing lagi bagi para perempuan. Tanaman ini biasa digunakan untuk memperindah tubuh seseorang, biasa digunakan sebagai tato atau bahan yang digunakan untuk melukis tubuh. Walaupun sifat warnanya hanya sementara kurang lebih satu bulan sebelum menghilang.

Henna sendiri adalah kata yang berasal Bahasa Arab. Kata ini merupakan serapan dari kata untuk tumbuhan Lawsonia inermis, atau pohon hina. Sedangkan di Indonesia memiliki cukup banyak nama lain. Salah satunya seperti innai, paci, dan pacar.

Umumnya fasilitas layanan kecantikan seperti salon akan menyediakan jasa menggambar Henna. Biasanya hal ini dilakukan dengan memanggil sang Henna artist ke rumah. Waktu yang paling sibuk bagi para artist tersebut adalah saat malam lebaran.

Desain pola yang digunakan berbeda dengan saat mereka menikah. Pola yang digunakan saat Idul Fitri cenderung lebih simpel. Tidak serumit yang digunakan saat seorang perempuan menikah.

Sumber: Pinterest by TatooEasly.com

Henna juga biasa dipilih oleh para wanita Muslim untuk memperindah kukunya. Hal ini dikarenakan para wanita telah menggunakannya sejak zaman Rasulullah SAW, dan Rasulullah sendiri tidak melarang penggunaannya.

Jadi ladies, tertarikkah kalian untuk menggunakan Henna untuk memperindah diri? Kalian bisa menggunakannya sebagai pengganti kuteks.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.