4 Pesawat Tempur Generasi Ke-5 Terbaik di Dunia

oleh -288 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Pesawat tempur generasi ke-5 adalah pesawat tempur yang menggunakan teknologi termutakhir yang dikembangkan pada abad ke-21. Pihak Lockheed Martin menjelaskan bahwa pesawat tempur generasi ini memiliki semua aspek stealth bahkan ketika dipersenjatai penuh, sulit dideteksi oleh radar, airframe berkinerja tinggi, fitur avionik yang canggih, dan sistem komputer yang sangat terintegrasi, namun tetap memiliki persenjataan canggih yang membuatnya mematikan. Berikut adalah 4 pesawat tempur generasi ke-5 terbaik di dunia. (Zhorif)

Lockheed Martin F-22 Raptor (Amerika Serikat)

F-22 Raptor adalah pesawat tempur generasi ke-5 yang paling pertama dibuat. Pesawat tempur milik angkatan udara Amerika Serikat ini berperan sebagai air superiority fighter. Yakni ditugaskan untuk mengambil alih wilayah udara musuh dengan membangun dominasi taktis dan superioritas udara. Kombinasi dari stealth, kinerja aerodinamis, dan sistem avionik dari F-22 Raptor buatan Lockheed Martin ini memungkinkannya memiliki kemampuan tempur yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Baca juga: USS Abraham Lincoln, Kapal Induk yang Membantu Indonesia Saat Tsunami Aceh

Sukhoi Su-57 PAK FA (Russia)

Russia merespon F-22 Raptor milik Amerika Serikat dengan membangun pesawat tempur generasi ke-5 versinya sendiri. Pesawat tempur ini didesain agar dapat melaju pada kecepatan supersonik, memiliki kemampuan manuver diatas rata-rata, stealth, dan teknologi avionik yang canggih. Sehingga Su-57 PAK FA dapat membangun dominasi taktis dan superioritas udara seperti saingan baratnya. Namun tetap bisa menjaga superioritas pertahanan darat dan laut dikarenakan perannya sebagai multirole fighter.

Lockheed Martin F-35 Lightning II (Amerika Serikat)

Dikarenakan biaya untuk membuat F-22 Raptor cukup mahal, Lockheed Martin memberikan solusi dengan merancang pesawat tempur yang lebih ekonomis dengan teknologi yang sama dengan F-22 Raptor. F-35 Lightning II berperan sebagai multirole fighter yang dimaksudkan untuk menjaga superioritas udara dan dapat melakukan serangan darat. Pesawat tempur ini juga didesain agar bisa menyediakan electronic warfare, dapat melakukan pengintaian dan penyelidikan dari udara.

Baca juga: USS Iowa, Sang Behemoth Dari Angkatan Laut Amerika Serikat

Chengdu J-20 Mighty Dragon (China)

Tidak mau kalah bersaing dengan pesawat tempur generasi ke-5 milik 2 negara adidaya yang telah disebutkan sebelumnya, China membuat air superiority fighter-nya sendiri yang bernama J-20 Mighty Dragon. Pesawat tempur milik People’s Liberation Army Air Force ini dirancang untuk bersaing sebagai pesawat tempur yang dapat menjaga dominasi di udara dengan kemampuan serangan yang presisi dan akurat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *