5 Daya Tampung Universitas Termuka di Indonesia yang Wajib Kamu Liat

oleh -231 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Tahun ajaran 2020 telah berakhir, kini para siswa siswi tahun ajaran tersebut mulai disibukkan memilih universitas yang cocok dengan jalan hidup kalian.

Menjadi salah satu bagian universitas  memang menjadi didiamkan bagu semua orang, apalagi universitas yang terbilang cukup terkenal di Indonesia.

Tapi, kamu pernah berpikiran gak sih? berapa sih jumlah daya tampung universitas terbaik di Indonesia?

Maka dari itu, Zetizen Cirebon punya bocoran jumlah daya tampung Universitas termuka di Indonesia, langsung saja berikut daftarnya. (seno)

1. Universitas Indonesia

Mahasiswa UI 'Demo' Online Gara-Gara Belum Dapat Subsidi Pulsa ...

Agar tak salah pilih jurusan, maka calon mahasiswa harus menentukan jurusan sesuai dengan bakat dan minatnya. Jika kamu ingin kuliah di program studi sosial humaniora (soshum) khususnya di Universitas Indonesia ( UI), maka harus memahami jurusan atau prodi apa saja di UI.

Buat kamu yang mau masuk di jurusan sains, Fakultas Ilmu Kedokteran masih punya minat yang tinggi setiap tahunnya. Tahun 2016 peminatnya aja mencapai 2.829 orang.

Sedangkan jurusan Soshum dipegang sama Jurusan Ilmu Komunikasi dengan jumlah pendaftar 2.964. Padahal presentasi untuk masuk di kedua jurusan itu sangat kecil yaitu di bawah 10%, dengan daya tampung 32 orang untuk Fikom dan 72 orang untuk FK.

2. Institut Teknologi Bandung

Beberapa Hal Penting yang Harus Disiapin Mahasiswa Setelah Wisuda ...

Fakultas Teknik Informatika ITB masih jadi favorit dengan peminat 3.163 pada tahun 2016. Padahal yang diterima hanya sebanyak 164 orang.

Karena di ITB cuma ada dua jurusan untuk kamu yang soshum peminatnya juga cukup besar yaitu sekitar 3.429 untuk jurusan Sekolah Bisnis dan Manajemen, yang diterima cuma 128 orang. Sedangkan Fakultas Seni Rupa dan Desain hanya menerima 91 calon mahasiswa dengan peminat 2.199. Wajar kan kalo ITB ada di nomer tiga besar PTN terbaik di Indonesia.

3. Universitas Gadjah Mada

Mahasiswa UGM Kembangkan Aplikasi Mitigasi Bencana lewat Kacamata ...

Pada SBMPTN tahun lalu prodi Saintek yaitu Fakultas Gizi Kesehatan, Arsitektur, Teknologi Informasi, Perencanaan Wilayah dan Kota, serta Ilmu Komputer. Jadi jurusan paling favorit. Sedangkan prodi soshum yang paling banyak diminati Fakutas Pariwisata, Sastra Inggris, Ilmu Politik dan Pemerintahan, Sastra Jepang, dan Bahasa Korea.

Kamu juga harus tau kalo saingan yang masuk UGM itu sebesar 70.707 orang, yang terdiri dari 43.484 pendaftar Saintek dan 27.223 Soshum. Padahal di atas kertas UGM cuma menerima 1.457 orang di prodi Saintek dan 630 orang di Soshum untuk jalur SBMPTN

4. Universitas Airlangga

Ini Alasan Pemerintah Kurangi Kuota Mahasiswa Kedokteran - edunews ...

Universitas Airlangga, Surabaya. Didirikan pada 10 November 1954. Jurusan Fakultas Kedokteran menjadi jurusan terfavorit di sana dengan daya tampung 75 orang. Sebanyak 2.608 peserta berlomba-lomba jadi yang terbaik pada ujian tulis di bidang ilmu eksakta.

Sedangkan di prodi Soshum dipegang sama Fakultas Manajemen dengan peminat 2.295 dengan daya tampung sebanyal 96 orang. Disusul sama Fakultas Akutansi dan Psikologi sebanyak 1.961 orang dan 1948 peminat di tahun 2016

5. Universitas Padjadjaran

Wisuda Unpad 2018: Pendidikan untuk Melahirkan Pemimpin Masa Depan

jumlah pendaftar terbanyak pada tahun 2016 dipegang oleh Unpad dengan 93.046 peserta padahal daya tampung Unpad cuma 3.552 orang. Sebanyak 47.119 mendaftar di jurasn IPA dan 45.927 di jurusan IPS. Kalo dari angka tersebut, cuma 1.847 orang (3,92%) yang diterima di kelompok saintek dan 1.709 orang (3,72%) untuk kelompok Soshum.

Berbicara soal jurusan favoritnya ditempati oleh Fakultas Hukum dengan peminat 4.853 orang dan yang diterima cuma 270 orang. Sedangkan di kelompok saintek dipegang Fakutas Ilmu Kedokteran dengan peminat 8.625 orang dan daya tampungnya sebanyak 140 orang. Saingannya banyak banget deh gaes.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.