5 Kue yang Identik dengan Perayaan Hari Raya Idul Fitri

oleh -754 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Seperti sudah menjadi tradisi di mana semua orang akan saling berkunjung ke rumah kerabat dan tetangga. Nah, di sana pasti akan ditemui banyak aneka kue kering disediakan di atas meja tamu. Kue juga bisa dijadikan sebagai bentuk tali silaturahim dengan sesama. Diperayaan hari raya Idul fitri pun sama.

Berbeda dari perayaan pada umumnya, kue kue berikut pasti sering sekali kalian temui setiap hari raya idul fitri. Mau tau kue apa saja itu?, mungkin bisa jadi referensi buat kamu yang bingung ingin membuat kue. Berikut daftarnya. (seno)

1. Kue Satu

 

Siapa yang tahu kue yang satu ini? Kue satu ini juga merupakan kudapan khas daerah Betawi dan dibuat dari kacang hijau yang terlebih dahulu disangrai, ditumbuk, serta kemudian dicetak dengan cetakan khusus. Memang, kue satu di awal agak sulit saat digigit, namun kemudian tekstur kacang hijau tumbuk yang halus dan lezat menjadikan kue ini semakin lezat.

Jadi, manakah dari kue di atas yang Ibu sukai dan menjadi bagian dari memori lebaran Ibu saat kecil dulu? Jangan lupa untuk memperhatikan porsi kue agar konsumsi gula tidak jadi berlebihan ya, Bu.

2. Lidah Kucing

Hayo, siapa sih yang tidak mengenal kue satu ini?, yap inilah Lidah kucing. Seperti namanya jenis kue ini berbentuk  lidah kucing yang panjang dan tipis, Rasanya gurih dan renyah. Dalam Bahasa belanda, kue ini disebut Katte Tong, hal ini orang indonesia mengubah namanya menjadi Lidah Kucing

3. Kembang Goyang

Salah satu resep kue kering lebaran satu ini juga menjadi  tradisi kue lebaran yang tak ketinggalan. Namun tak semua Ibu bisa membuatnya lho! Sebab pembuatannya terbilang susah karena harus menggoyang-goyangkan cetakan di atas minyak panas. Kalau Ibu belum terbiasa, kue juga akan susah terbentuk.

Lihat juga: Inilah Macam-Macam Takjil Berbagai Negara!

4. Nastar

Nastar, kue paling didemenin oleh warga Indonesia. Nastar  adalah kue kering yang sangat populer disajikan setiap acara-acara besar, termasuk idul fitri. Hampir semua warga indonesia sudah mengetahuinya.

Kue kering ini terbuat dari adonan tepung terigu, mentega, dan telur. Di dalamnya disis dengan selai nanas. Bentuknya berdiameter 2 cm. sering sekali di atasnya ada hiasan seperti kismis dan cengkeh. Nastra sendiri berasal dari bahasa Belanda yakni “ananas” dan “taart”. Kamu bisa cek resepnya disini

5. Putri Salju

Bentuk kue ini mirip dengan bulan sabit. Beberbeda dengan kue umumlainnya, kue jenis ini diselimuti dengan taburan gula halus seperti salju dan inilah menjadi ciri khas putri salju.

Adonannya sendiri terdiri dari tepung terigu, tepung maezena, mentega, dan kuning telur. Kue kering ini cukup simpel pengolahannya. Banyak anak muda hingga yang tua pun menyukai jenis kue kering tersebut. karena sensasi dingin ketika memakannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *