,

Aftershock, Fase Terakhir Gempa

oleh -408 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Aftershock adalah fase gempa setelah Foreshock dan Mainshock terjadi. Fase ini bisa juga disebut sebagai gempa susulan yang terjadi setelah gempa utama. (angga)

Dilansir dari hipwee, kita mengenal fase terakhir ini sebagai gempa susulan yaitu gempa kecil yang terjadi setelah mainshock terjadi dengan kekuatan yang lebih kecil.

Ketika gempa utama berakhir, masih ada gempa-gempa kecil yang terjadi. Nah, inilah yang dinamakan aftershock atau gempa susulan yang terjadi setelah gempa utama.

Baca Juga : Mainshock, Gempa Utama Setelah Foreshock 

Namun jika gempa utama terjadi dengan kekuatan kecil, maka aftershock atau gempa susulan minim kemungkinan untuk terjadi.

Dilansir dari Medium, Tergantung pada besar magnitudo mainshockaftershocks atau gempa susulan dapat terus terjadi selama berminggu-minggu, atau mungkin bulan setelah mainshock.

Meskipun kekuatannya lebih kecil, namun sobat tetap tidak boleh meremehkan bencana alam yang satu ini ya sob.

Karena jika kekuatan gempa cukup kuat, maka dapat menyebabkan bencana lain yaitu Tsunami yang terjadi akibat kuatnya pergeseran lempeng dibawah laut.

Hal ini dapat ditandai dengan kuatnya guncangan dari gempa susulan yang terjadi setelah gempa utama.

Apabila sobat telah merasakan gempa susulan selama berhari-hari dan sobat melihat air laut berbeda dari biasanya, sebaiknya sobat segera melakukan evakuasi.

Hal ini lebih baik karena dapat mengantisipasi kemungkinan terburuk apabila terjadi Tsunami setelah gempa susulan.

Setelah mengetahui info ini, sobat dapat lebih berhati-hati apabila terjadi gempa dan tanda-tanda Tsunami pada gempa susulan (aftershock).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.