Alexander The Great, Sang Badai dari Masedonia

oleh -535 views
Source : History.HowStuffWorks

ZETIZEN RADAR CIREBON – Alexander The Great, sang raja Masedonia memimpin bala tentaranya memerangi kerajaan Persia seperti badai yang tak terhentikan. (angga)

Sang raja yang memiliki nama asli Alexander III of Macedon ini berhasil menaklukan Asia Minor (sekarang Turki) pada bulan Mei 334 SM.

Setelah memenangkan pertempuran Granicus, ia kembali menaklukan Suriah lewat pertempuran Issus.

Kejayaan Masedonia terus berlanjut dengan merebut Palestina, Mesir, dan Cyrenaica (kerajaan kuno di Afrika Utara).

Baca Juga : Sir Leon, Ksatria Terpercaya Raja Arthur Dalam Legenda Arthurian 

Alexander dilahirkan di Pella, Masedonia, pada bulan Juli tahun 356 SM. Ia adalah putra Raja Masedonia, Philipus II dan Ratu Olympias.

Saat berusia 16 tahun, ia memimpin bala tentara Masedonia menaklukkan Tharacian di perbatasan utara Masedonia (340 SM).

Dua tahun berikutnya kavaleri yang dipimpin Alexander menentukan kemenangan Philipus II atas Yunani di pertempuran Chaeronea.

Hal ini membuktikan bahwa Alexander telah menjadi penakluk sejak usia remaja, sehingga ia memiliki banyak strategi dan pengalaman dalam peperangan.

Ilustrasi Perang Issus / GOOGLE IMAGES

Alexander The Great memandang rakyat seluruh negeri yang ditaklukannya setara dengan rakyat Masedonia. Untuk menunjukkannya kesungguhannya, ia memindahkan ibukota Kerajaan Masedonia ke Babylonia di Persia.

Bahkan Alexander The Great menjadikan putri Persia, Roxana, sebagai permaisurinya. Ia juga mempelajari adat istiadat negara-negara yang telah ia taklukan.

Alexander The Great meninggal pada usia 32 tahun, tepatnya pada tanggal 11 Juni 323 SM di Babylonia dengan berhasil membangun 70 kota selama penaklukannya.

Sebelum mengehembuskan nafas terakhirnya, Alexander berpesan “Yang Terkuat” untuk menjadi penerus tahta, inilah yang menjadikan para panglima saling menggempur demi memperebutkan kekuasaan.

Baca Lagi : Konstantinopel, Kota Sejuta Sejarah Abad Pertengahan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.