Asal – Usul Grim Reaper, Sosok Menyeramkan Sebagai Simbol Kematian

oleh -2.842 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Grim Reaper sudah tidak asing di dengar kebanyakan orang. Rupa nya paling ikonik menggambarkan kematian seseoang, sosoknya identik dengan kerangka berjubah hitam dengan menenteng sabit besar disampingnya. Grim Reaper sering muncul di film, serial TV, komik, lagu, dan seni sebagai simbol kematian.

Sebenarnya ikon yang meyimbolkan kematian ini dari mana asalnya?, so langsung saja Zetizen Cirebon akan membahas bagaimana asal usul Grim Reaper sebenarnya hingga populer saat ini, check this out. (seno)

Menurut sejarah, Grim Reaper berasal dari masa kelam saat wabah Black Death menghantui dataran Asia dan Eropa di abad ke-14.

Bagi kamu yang belum tahu, Black Death merupakan penyakit epidemik paling mematikan sepanjang sejarah. Setidaknya 25 juta orang meninggal saat wabah menjangkit, dan jutaan lainnya terus meninggal saat wabah ini kian meluas.

Pada zaman itu para ahli medis belum secanggih zaman sekarang, sehingga para dokter menggunakan obat-obatan tradisional.

Sejak saat itu para seniman mulai menggambarkan kematian sebagai sosok kerangka.

Sejarawan menganggap penggambaran ini terpengaruh oleh pemandangan tumpukan mayat yang berserakan di jalanan.

Biasanya sosok kematian akan digambarkan membawa semacam senjata, entah itu panah, pedang atau senjata apa pun itu.

Dalam hal ini, para seniman menyeragamkan senjata itu dengan sabit yang merupakan perkakas tani dengan pegangan panjang dan pisau melengkung di bagian atas.

Grim Reaper | Monster for Dungeons & Dragons Fifth Edition – FREE ...

Sabit dipilih sebagai senjata karena pada masa itu, rasanya kematian seolah-olah sedang memotong dengan entengnya bagai biji-bijian di ladang.

Penggambaran jubah hitam khas Grim Reaper bisa dijelaskan dengan dua cara. Pertama, untuk menyimbolkan suasana berkabung.

Secara tradisi warna hitam dipakai di pemakaman dan oleh orang terkasih yang ditinggal pergi dan masih diselimuti rasa berkabung.

Kedua, kematian digambarkan menyembunyikan dirinya dalam bayang-bayang dan kegelapan untuk menghilangkan rasa takut akan hal yang tak diketahui manusia.

Lihat juga: Shinigami, Dewa Kematian Salah Satu Cerita Rakyat Asal Jepang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *