,

Gempa Magnitudo 5,1 Guncang Selatan Jawa

oleh -145 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Gempa dengan 5,1 magnitudo mengguncang Selatan Jawa pada hari Senin 22 Juni 2020. (angga)

Berdasarkan hasil analisis BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) awalnya gempa ini memiliki parameter awal magnitudo M 5,0.

Dilansir dari Kompas, Lokasi gempa ini berada di laut pada jarak 91 kilometer arah Selatan Kota Pacitan, Jawa Timur pada kedalaman 93 kilometer.

Source : KOMPAS.COM

Guncangan ini diketahui berpusat di Selatan Pacitan, Jawa Timur. Berdasarkan pengamatan BMKG, gempa ini terjadi pada pukul 02.33.08 WIB.

Meski demikian, guncangan yang dapat dirasakan di beberapa wilayah ini tidak berpotensi untuk menimbulkan gelombang Tsunami.

Baca Juga : Pertokoan di Irlandia Mulai Kembali Beroperasi

Hal ini dibuktikan 30 menit setelah guncangan tidak terjadi aftershock atau guncangan susulan yang terjadi setelah guncangan utama.

Ternyata guncangan yang berpusat di wilayah Pacitan ini juga berdampak pada wilayah Yogyakarta dengan guncangan yang cukup kuat lho sob.

Warga di wilayah Gunung Kidul juga merasakan guncangan tersebut. Masyarakat panik dan berbondong-bondong keluar rumah saat merasakan guncangan yang cukup kuat

Meskipun dirasakan oleh beberapa wilayah, namun BMKG menghimbau warga untuk tetap tenang dan jangan panik, tetap waspada dan siaga untuk menyelamatkan diri apabila terjadi gempa susulan.

Nah, fenomena ini menunjukkan betapa pentingnya mempelajari pergerakan dan bencana alam sob, seperti gempa yang terjadi akibat pergerakan lempeng bumi ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.