IJN Yamato, Battleship Terbesar di Dunia yang Berakhir Tragis

oleh -1.005 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Pada tahun 1930-an, Kekaisaran Jepang mengadopsi sistem militansi ultranasionalis untuk memperluas kekaisaran. Dengan melanggar Washington Naval Treaty yang membatasi ukuran dan daya tembak kapal perang, Imperial Japanese Navy mulai mendesain Yamato-class Battleship. Dengan IJN Yamato sebagai flagship kebanggaan Jepang. (Zhorif)

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, IJN Yamato adalah kapal perang kategori Battleship dari Yamato-class milik Imperial Japanese Navy. Nama Yamato diambil dari kata “大和,” yang jika diterjemahkan berarti “Great Harmony” dalam bahasa Inggris dan “Keharmonisan yang Agung” dalam bahasa Indonesia. Battleship ini dibangun di Kure Naval Arsenal dan diluncurkan ke medan perang pada tanggal 8 Agustus 1940.

Baca juga: USS Iowa, Sang Behemoth Dari Angkatan Laut Amerika Serikat

Dengan berat 65.027 ton, IJN Yamato memiliki panjang 263 meter dan lebar 38,9 meter. Battleship dengan 3 turret utama dan 3 meriam Type 94 berkaliber 18 inci disetiap turret-nya ini ditenagai oleh 12 Kampon Boilers. Yang memberikan Battleship ini kekuatan 150.000 tenaga kuda. Battleship dengan kecepatan maksimal 27 knot atau 50 km/jam ini dapat berpergian sejauh 13.300 kilometer sebelum harus kembali ke pelabuhan.

Setelah peluncuran dan serangkaian uji coba, IJN Yamato bergabung dengan 1st Battleship Division dengan Gihachi Takayanagi sebagai kaptennya. Battleship ini telah berperan dalam berbagai operasi. Seperti Battle of the Philippine Sea, Battle of Leyte Gulf, dan Battle of the Sibuyan Sea. Namun Battleship ini belum pernah bertarung dengan sesama Battleship, dan hanya menggunakan turret-nya untuk membombardir pulau-pulau yang diduduki Allies.

Baca juga: USS Enterprise, Kapal Perang Dengan Penghargaan Terbanyak

Operasi terakhir dari Battleship ini adalah Ten-Go. Dimana IJN Yamato akan bertempur sampai titik darah penghabisan. Diserang tanpa ampun oleh 280 pesawat tempur dan bomber, Battleship ini dan destroyer pengawalnya tidak dapat bertahan lama. Dan setelah kurang lebih 2 jam, Yamato terbalik dan gudang senjatanya meledak dalam ledakan yang menciptakan mushroom cloud layaknya ledakan nuklir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.