Inilah Manfaat yang Tersembunyi Jika Kita Mengunyah Permen Karet

oleh -249 views
Source by Hellosehat 

ZETIZEN RADAR CIREBON – Permen karet merupakan permen yang dirancang untuk dikunyah, bukan untuk ditelan. Masih ada banyak manfaat tak terduga yang akan kalian peroleh dari mengunyah ini, baik bagi kesehatan mulut, tubuh, hingga pikiran. Dalam sebuah penelitian, manfaat mengunyah permen yang satu ini dapat mengurangi stres lho. (kayla)

Hal ini disebabkan karena tindakan mengunyah yang telah dikaitkan dengan berkurangnya tingkat hormon stres yaitu kortisol. Berikut ini adalah manfaat yang tersembunyi jika kita mengunyah permen karet. Let’s check this out!

1. Mengurangi rasa stres dan cemas

Mengunyah permen karet dapat meredakan stres dan cemas dengan cara mengurangi hormon kortisol yang menjadi pemicunya. Selain itu, mengunyah juga memberikan efek menenangkan dan secara alamiah mengurangi rasa cemas berlebihan.

Beberapa orang mungkin melakukan kebiasaan tertentu seperti menggigit kuku atau gemetar saat stres dan cemas. Manfaat lain dari mengunyah permen ini adalah menjadi pengganti dari kebiasaan-kebiasaan ini sehingga kalian akan menjadi lebih rileks.

2. Menyegarkan bau mulut

Manfaat berikutnya adalah dapat menyegarkan bau mulut. Untuk mendapatkan manfaat ini, pastikan tidak mengonsumsi permen karet dengan rasa manis yang berlebih. Karena nantinya akan memberikan dampak buruk pada gigi, karena gula di dalamnya akan menjadi makanan bagi bakteri dalam mulut.

Untuk itu, konsumsilah permen karet yang mengandung bahan xylitol. Permen tersebut akan mencegah munculnya bakteri penyebab kerusakan gigi dan bau mulut. Jika permen ini dikonsumsi setelah makan, akan dapat meningkatkan produksi air liur. Peningkatan ini berpengaruh pada proses pencucian mulut oleh saliva.

Baca juga : Inilah Cara Alami Meredakan Sakit Tenggorokan

3. Membakar kalori

Manfaat lainnya adalah untuk penurunan berat badan. Berdasarkan hasil penelitian, mengunyah permen karet bisa membakar 1.000 kalori per jam. Kalori ini mungkin tidak seberapa dibandingkan jika berolahraga, tapi tetap saja ini jauh lebih baik ketimbang hanya duduk diam tanpa melakukan apa-apa.

4. Meningkatkan fungsi otak

Beberapa penelitian menemukan bahwa makan permen karet selama beraktivitas dapat meningkatkan berbagai fungsi otak. Fungsi tersebut antara lain kewaspadaan, ingatan, pemahaman, hingga kemampuan mengambil keputusan.

Hubungan antara manfaat mengunyah permen yang satu ini, dan fungsi otak belum dipahami secara pasti. Namun, para pakar meyakini bahwa mengunyah permen ini dapat meningkatkan aliran darah menuju otak. Jika aliran darah memadai, otak bisa bekerja secara optimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *