Inilah Obat Alami yang Ampuh Menghilangkan Rasa Gatal Pada Kulit

oleh -1.937 views
Source by sehatq.com

ZETIZEN RADAR CIREBON – Gatal-gatal atau pruritus dapat menyerang bagian tubuh tertentu maupun seluruh tubuh. Hal ini terkadang juga bisa muncul beserta gejala lain, seperti ruam kulit, bentol-bentol, serta kulit kering, bersisik, dan pecah-pecah. 

Hal ini dapat disebabkan oleh beragam hal. Misalnya, karena menyentuh jenis tanaman tertentu, digigit serangga seperti nyamuk, alergi, hingga gangguan kulit seperti psoriasis. Kulit yang akan segera pulih akibat luka bakar atau luka sayat juga bisa terasa gatal atau pruritus.

Berikut ini adalah beberapa jenis obat pruritus alami seluruh badan yang sering digunakan untuk mengatasi rasa gatal. (Kayla)

1. Cuka apel

Cuka apel mengandung asam asetat, yang telah digunakan sejak dulu sebagai antiseptik alami. Menurut National Psoriasis Foundation, cuka apel dapat dioleskan untuk mengatasi gatal pada kulit kepala. Kalian bisa mencampurkan cuka apel dengan air dengan perbandingan 1:1. Oleskan larutan tersebut di kulit kepala dan lalu tunggu hingga kering. Terakhir, bilas rambut menggunakan air hangat.

Namun penting untuk diingat, orang dengan kulit pecah-pecah dan berdarah tidak bisa menggunakan obat pruritus kulit alami ini karena dapat menyebabkan sensasi seperti rasa terbakar.

2. Soda kue

Soda kue atau baking soda memiliki sifat antijamur. Dengan sifatnya tersebut, soda kue dapat menjadi pilihan obat kulit yang gatal, jika hal ini disebabkan oleh infeksi jamur pada kulit.

Untuk menggunakannya, bisa mencampurkan sekitar sedikit baking soda ke sedikit air dan membentuk pasta. Pasta soda kue tersebut bisa dioleskan langsung ke kulit yang gatal.

Baca juga : 4 Obat Kumur Alami Membuat Nafasmu Segar!

3. Minyak kelapa

Minyak kelapa adalah minyak yang sangat jenuh yang secara tradisional dibuat dengan mengekstraksi minyak dari kelapa mentah atau biji kelapa kering. Minyak kelapa juga dipercaya dapat menjadi obat alami masalah pada kulit seperti pruritus karena peradangan sewaktu alergi.

Terlebih lagi, minyak kelapa dapat meredakan peradangan dengan meningkatkan kadar antioksidan. Menurut penelitian, antioksidan bekerja menstabilkan radikal bebas di dalam tubuh, menetralkan atom reaktif yang menyebabkan peradangan, salah satunya gatal-gatal.

4. Es batu

Mengompres bagian kulit yang gatal dengan es batu juga bisa membantu meringankan gejala pruritus. Cobalah untuk meletakkan kantong es atau es batu yang yang dilapisi kain ke permukaan kulit yang terasa sangat gatal.

5. Perbanyak minum air putih

Gatal pada kulit juga bisa terjadi karena kurang cairan dalam tubuh alias dehidrasi. Maka dari itu, salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan meningkatkan konsumsi air putih. Banyak minum air putih bisa membantu menghidrasi kulit, sehingga terhindar dari pruritus atau masalah kulit lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *