Kenali Perbedaan Gitar dan Bass

oleh -2.653 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Secara fisik sudah jelas, jika gitar memiliki 6 senar sedangkan bass hanya memiliki 4 senar itupun bisa tambah. Dari bunyinya sendiri juga berbeda.

Mau tau apa perbedaan 2 alat musik petik ini?, berikut Zetizen Cirebon punya ringkasan perbedaan gitar dan bass yang menarik untuk disimak. (seno)

Gitar

Clifton Star Resources | Clifton Star Resources

Gitar adalah alat musik kuno yang dimainkan dengan mencabut dawainya dengan tusukan atau jari istilah gampangnya yakni dipetik.

Terdiri dari kotak kayu yang dilampirkan dengan leher panjang, dan senar terhubung dengan kotak berongga serta leher.

Pada dasarnya ada dua jenis gitar yang disebut gitar akustik dan gitar listrik, yang merupakan perkembangan terakhir dibandingkan dengan yang akustik.

Senar gitar terbuat dari nilon atau baja, dan getarannya menghasilkan nada yang diperkuat oleh kotak kayu berongga.

Gitar listrik diciptakan pada 1930-an, dan suaranya diperkuat secara elektronik daripada kotak berongga, dan inilah sebabnya gitar ini memiliki tubuh yang solid.

Lihat juga: Fakta Unik Slash: Gitaris terbaik Dunia

Bass

Berbeda dari gitar, bass memanfaatkan getaran senar yang dipetik oleh pemain. Sekali melihat instrumen, dan siapa pun dapat mengatakan bahwa itu adalah variasi dari gitar listrik.

Ada perbandingan lebih jelas, alat musk ini memiliki leher yang lebih panjang dan tubuh yang lebih kecil, dan harus dipasang ke amplifier untuk menghasilkan musik.

Instrumen ini memiliki empat senar meskipun bisa ditambahkan seperti 5 senar dan bahkan 6 sekaligus sesuai selera, itu semua tersedia di pasar.

Sekedar Info, Billie Eilish menyukai suara musik Bass, hal ini diungkapkan saat ia menjawab pertanyaan dari Youtube Chanel Teen Vogue.

Bagaimana pendapat kamu? Jika kamu disuruh memilih Gitar atau Bass, kamu pilih yang mana?

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *