Ketahuilah Penyebab Tremor Pada Tangan

oleh -191 views
Source by Suara.com

ZETIZEN RADAR CIREBON – Sebelumnya, pernahkah kamu kesulitan untuk melakukan selfie hanya karena tanganmu gemetar sehingga foto yang dihasilkan tidak maksimal? Atau, pernahkah kamu merasa tanganmu bergetar saat menulis? Jika pernah, mungkin yang kamu alami adalah Tremor.

Tremor menyebabkan getaran pada tubuh dan bagian yang paling sering terkena adalah tangan. Secara umum, tremor tidak selalu menunjukkan adanya masalah kesehatan yang berarti dan tidak terlalu berbahaya untuk jiwa. Namun dalam situasi tertentu, tremor bisa mengindikasikan adanya masalah serius pada tubuh seseorang. Seperti dikutip dari beberapa sumber, inilah penyebab Tremor pada tangan. (kayla)

1. Terlalu banyak mengonsumsi kafein

Mengonsumsi kafein secara berlebihan dapat menyebabkan tanganmu gemetar dan tentunya aktivitasmu akan terganggu. Untuk itu, sebaiknya kurangi konsumsi kafein mulai saat ini.

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat mengatakan bahwa batas maksimum konsumsi kafein harian adalah 400 mg kafein atau sekitar empat hingga lima cangkir kopi.

2. Gangguan pada kelenjar tiroid

Hipertiroidisme adalah suatu kondisi di mana kelenjar tiroid memproduksi terlalu banyak hormon tiroid. Kelenjar ini berada di leher, tepat di atas tulang selangka. Saat kelenjar tiroid terlalu aktif, maka seluruh tubuh kamu akan bekerja cepat yang dapat menyebabkan kamu mengalami kesulitan tidur, jantung berdetak lebih cepat, dan gemetar pada tangan.

3. Kekurangan vitamin B1 dan magnesium

Vitamin B1 juga dikenal sebagai tiamin sangat penting untuk saraf stimulasi serta untuk metabolisme karbohidrat yang menyediakan otak dengan energi. Jika asupan vitamin B1 terpenuhi, maka resiko terjadinya tremor berkurang. Selain itu, vitamin B1 dapat menenangkan sistem saraf, karena sel-sel saraf memerlukan vitamin B1 untuk berfungsi secara normal.

Untuk meningkatkan asupan vitamin B1 kamu dapat mengkonsumsi makanan seperti ikan, unggas, telur, dan susu. Dan konsumsi sayuran hijau gelap seperti sayur bayam, labu biji, atau kacang-kacangan untuk mendapat asupan magnesium.

4. Rasa cemas

Emosi yang kuat seperti rasa takut, marah, kecemasan, atau kepanikan bisa menjadi penyebab Tremor pada tangan. Oleh karena itu, lakukan lah hal-hal yang membuatmu tenang. Sebagai contoh, kamu bisa mencoba teh herbal yang dapat mengurangi stres dan memiliki efek menenangkan pada tubuh, menggunakan aromaterapi, ataupun melakukan yoga dan pernapasan dalam yang dapat mengurangi tingkat kecemasan dan mencegah terjadinya tangan gemetar.

Baca Juga : Simak Inilah Dampak Buruk Dari Tidur Berlebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *