KMS Bismarck, Battleship Terbesar Jerman Pada Perang Dunia 2

oleh -847 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Ketika Nazi Jerman mulai mengambil alih kekuasaan, Adolf Hitler mulai melakukan ekspansi militer besar-besaran. Salah satunya adalah angkatan laut yang disebut dari Kriegsmarine. Dijuluki Plan Z, Hitler merencanakan untuk memperkuat Kriegsmarine dengan membangun 230 kapal perang dari berbagai jenis, salah satunya adalah KMS Bismarck. (Zhorif)

KMS Bismarck adalah kapal perang kategori Battleship terbesar yang dimiliki Jerman saat perang dunia ke-2. Kapal perang ini dinamai setelah Otto von Bismarck, seorang tokoh konservatif yang menyatukan Jerman. Battleship yang dibangun oleh perusahaan Blohm und Voß di Hamburg ini termasuk salah satu dari 2 kapal perang Bismarck-class yang dibangun Kriegsmarine.

Baca juga: IJN Yamato, Battleship Terbesar di Dunia yang Berakhir Tragis

Battleship ini memiliki berat 41.700 ton, panjang 251 meter, dan lebar 36 meter. Selain itu, kapal perang ini memiliki 4 turret utama, yang uniknya diberi nama Anton, Bruno, Caesar, dan Dora. Disetiap turret-nya terdapat 2 meriam SK C/34 berkaliber 15 inci. Kapal ini ditenagai oleh 12 Wagner Superheated Boilers bertenaga 148.116 tenaga kuda, yang membuatnya dapat melaju dengan kecepatan maksimal 30 knot atau 55,58 km/jam.

Operasi pertama KMS Bismarck adalah Rheinübung. Dimana battleship ini dan heavy cruiser bernama KMS Prinz Eugen ditugaskan untuk menghancurkan armada Allies yang menuju ke Inggris. Dalam operasi ini, Bismarck dan Prinz Eugen menenggelamkan HMS Hood dan membuat kerusakan pada HMS Prince of Wales. Berita tenggelamnya HMS Hood membuat Inggris mengerahkan semua kapal perang untuk mengejar Bismarck.

Baca juga: USS Iowa, Sang Behemoth Dari Amerika Serikat

KMS Bismarck sedang berlayar sendirian ketika diserang oleh 15 pesawat Swordfish dari HMS Ark Royal. Serangan tersebut merusak kemudi, sehingga tidak bisa bermanuver. Dan pada 27 Mei, Bismarck bertarung dengan HMS King George V, HMS Rodney, HMS Norfolk, dan HMS Dorsetshire. Setelah 2-3 jam, Bismarck akhirnya tenggelam, dengan hanya 114 dari 2.200 kru selamat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.