Langkah Sederhana Mengurangi Sampah Plastik

oleh -165 views
Source by haibunda.com

ZETIZEN RADAR CIREBON – Penggunaan barang berbahan dasar plastik memang sulit untuk dihindari dan sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Sifatnya yang ringan, mudah ditemukan, dan kuat inilah yang menjadi faktor mengapa plastik menjadi favorit.

Hal itu pun akhirnya membuat sampah plastik semakin menumpuk dan tertimbun. Padahal kita semua tahu bahwa plastik sangat sulit untuk terurai. Butuh waktu yang lama sekitar puluhan sampai ratusan tahun untuk sampah plastik terurai secara alami.

Saat ini, Indonesia sendiri menjadi negara yang menduduki peringkat kedua
dengan sampah terbanyak di dunia. Tentunya ini bukanlah prestasi yang membanggakan.

Maka dari itu, kita sebagai warna negara Indonesia harus bijak dalam menggunakan barang dan membantu mengurangi sampah yang ada di dunia. Lalu, apa saja yang bisa kita lakukan? Simak lebih lanjut yuk! (Kayla)

1. Menggunakan botol minum pribadi

Source by seva.id

Membawa botol minum dari rumah lebih baik daripada membeli air mineral dalam botol plastik. Selain lebih hemat, kita juga dapat mengurangi sampah plastik. Botol minum kemasan plastik adalah salah satu jenis sampah yang paling banyak ditemukan karena hanya bisa sekali pakai dan akan mengganggu kesehatan jika digunakan lebih dari 2 kali.

2. Bawa tas belanja dari rumah

Source by tvberita.co.id

Jika sebelumnya kamu terbiasa menggunakan tas belanja plastik, ubahlah kebiasaan itu dengan membawa tas belanja yang bukan berbahan plastik dari rumah. Ada banyak henis yang bisa kamu pilih, seperti totebag atau eco bag berbahan kanvas atau kain yang mudah dilipat sehingga mudah disimpan.

Cara yang kita lakukan ini mungkin terlihat sederhana namun, dengan membiasakan diri untuk membawa tas belanja, kamu dapat mengurangi tumpukan tas plastik yang bisa mencemari lingkungan.

Baca Juga: Teratai, Filosofi Hidup Hingga Manfaat Kesehatan

3. Membawa kotak makan sendiri

Source by haibunda.com

Kalau kamu memang tipe yang tidak sempat masak sendiri dan terbiasa membeli makanan dari luar, cobalah untuk mulai terbiasa membawa kotak makan sendiri sebagai bentuk usaha kamu mengurangi plastik sampah. Selain itu, membawa tempat makan sendiri membuat kamu menjadi lebih praktis karena tidak harus memindahkan makanan ke tempat lain.

4. Mengurangi Penggunaan Tisu Basah

Source by tissueku.com

Sudahkah kamu tahu bahwa tisu basah dibuat dari resin plastik? Itulah kenapa tisu basah tidak bisa larut dalam air berbeda dengan tisu kering. Lebih baik, gunakanlah kain atau tisu kering yang dibasahi air sebagai pengganti dari tisu basah.

Jadi mulai sekarang, ubahlah kebiasaan buruk yang membuat sampah plastik menumpuk dengan beberapa tindakan sederhana diatas. Sekecil apapun usaha kita, tetap akan membantu kok, sob!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *