Lotus, Bunga Cantik Penuh Makna

oleh -2.799 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Pernahkah kalian melihat tanaman ini sebelumnya? Lotus atau dikenal juga dengan sebutan seroja merupakan tanaman yang hidup di air yang berlumpur. Tanaman ini memiliki kesamaan dengan teratai, mereka sama-sama hidup di air. Terlebih lagi rupa juga bentuk keduanya sekilas tampak serupa. Hal ini menyebabkan banyak orang salah mengira bahwa dua tanaman ini adalah tanaman yang sama. (Nindi)

Walaupun sering dikatakan mirip dengan teratai nyatanya kedua tanaman ini sangat berbeda, bahkan tidak berkerabat sama sekali. Bunga seroja masuk ke dalam genus Nelumbo, sedangkan teratai merupakan anggota dari genus Nymphaea. Hal ini telah jelas membuat mereka berbeda dan tidak berkerabat.

Seroja dikenal sebagai tanaman air yang berasal dari India. Namun faktanya sebelum itu, pada zaman mesir kuno bunga seroja telah hidup bersama-sama dengan teratai. Teratai tersebut adalah spesies Nymphaea caerulea di perairan sungai Nil.

Makna Bunga Lotus

Bunga lotus adalah representasi spiritualitas dalam kehidupan manusia. Bunga seroja biasa menjadi simbol dari kejernihan hati dan pikiran. Yang lainnya juga percaya bahwasanya seroja pun menjadi simbol asal kekuatan, keberuntungan, serta kehidupan. Bunga seroja juga menyimbolkan kelahiran dan keindahan.

Dan bagi kepercayaan hindu seroja memiliki makna yang dalam. Lotus putih yang bermakna kemurnian pikiran, ketenangan sifat dan kesempurnaan spiritual. Lotus merah mengandung makna kasih tanpa pamrih, gairah, kasih sayang dan kebaikan. Lotus merah muda menjadi simbol tempat tertinggi, suci serta terhormat. Lotus biru mewakili makna sebagai sumber pengetahuan. Lotus ungu menjadi tanda hubungan dengan dunia mistik.

Baca Juga: Teratai, Filosofi Hidup Hingga Manfaat Kesehatan

Perbedaan Seroja dan Teratai

Kelopak seroja memiliki bentuk agak bulat dan besar yang tidak beraturan dan tidak terlalu banyak. Sedangkan kelopak bunga teratai berbentuk lebih panjang dan runcing. Selain itu kelopaknya juga bertumpuk rapi dengan warna yang lebih beragam.

Batang tanaman seroja tumbuh menonjol keatas sehingga bunga seroja tidaklah mengambang di atas air. Berbeda dengan teratai yang batangnya tidak menjulang sehingga bunganya tetap mengambang di permukaan air.

Daun tanaman lotus berbentuk bundar dan tidak ada potongan dengan bagian tepi yang bergelombang. Lain halnya dengan teratai, daun teratai pun bundar namun memiliki potongan di satu sisinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *