Makna Lambang Garuda Pancasila, Sebagai Lambang Ideologi Indonesia

oleh -1.199 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Setiap tanggal 1 Juni diperingati hari lahir Pancasila di indonesia. Pancasila sendiri identik dengan  Garuda Pancasila yang dijadikan sebagai lambang negara Republik Indonesia. (seno)

Garuda Pancasila dirancang oleh Sultan Hamid II. Sultan Hamid II yang lahir pada tahun 1913 dengan nama Syarif Abdul Hamid Alkadrie dan meninggal pada 1978.

Dia dilahirkan dari kesultanan Pontianak dan pernah menjabat sebagai Gubernur Daerah Istimewa Kalimantan Barat serta menjadi Menteri Negara Zonder Portofolio di era Republik Indonesia Serikat.

Sultan Hamid II menggambarkan lambang negara berupa seekor Burung Garuda berwarna emas dengan berkalungkan perisai yang di dalamnya bergambar simbol-simbol Pancasila dan mencengkeram seutas pita putih yang bertuliskan Bhinneka Tunggal Ika

Akhirnya Burung Garuda tersebut dijakian Lambang negara yang dirancang sejak Desember 1949, yaitu beberapa hari setelah pengakuan kedaulatan Republik Indonesia Serikat oleh Belanda.

Lihat juga: 5 Bahan Alami untuk Wajah Glowing

Garuda Pancasila terdiri atas tiga komponen utama, yaitu Burung Garuda, Perisai, dan Pita Putih. Menurut Mitologi Hindu, Burung Garuda merupakan burung mistis yang berasal dari India. Burung tersebut berkembang sejak abad ke-6 di Indonesia. Burung Garuda melambangkan kekuatan, sementara warna emas pada Burung Garuda melambangkan kemegahan atau kejayaan.

Jumlah bulu pada sayap Garuda sebanyak 17, bulu diekor berjumlah 8, bulu di pangkal ekor berjumlah 19 dan bulu di leher berjumlah 45. Bulu-bulu tersebut jika digabungkan menjadi 17-8-1945, yaitu menggambarkan waktu kemerdekaan Indonesia diproklamasikan.

Di perisai yang terdapat pada Burung Garuda, mengandung lima buah simbol yang masing-masing melambangkan sila-sila dari dasar negara Pancasila. Perisai yang dikalungkan tersebut melambangkan pertahanan Indonesia. Pada bagian tengah dari perisai tersebut terdapat simbol bintang yang memiliki lima sudut.

Bagaimana pendapat kamu? apakah kamu sudah mengerti makna sebenarnya?.

Lihat juga: Kekeyi Menggeser Top 1 Trending Youtube Lagu “Keke Bukan Boneka”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *