NASA Bantah Telah Menemukan Alam Semesta Pararel, Benarkah Demikian?

oleh -560 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Selaku pihak lembaga antariksa Amerika Serikat (NASA) membantah telah menemukan alam semesta paralel (parallel universe). Hal ini membuat heboh di media sosial dengan laporan tersebut.

Dalam alam semesta paralel itu, waktu diklaim bergerak mundur dan bukan berjalan ke depan. artinya dunia pararel itu bergerak kearah masa lalu bukan ke masa depan. Ternyata informasi parallel universe  tidak tepat, mengapa demikian?. (seno)

Lihat juga: NASA Membagikan Foto Penampakan Terbaik Planet Jupiter

Hal ini pertama kali diketahui lewat artikel yang bersumber dari New Scientist dengan judul berita ‘We may have spotted a parallel universe going backwards in time‘.

Peneliti utama dalam proyek ANITA, Peter Gorham mengatakan berita NASA menemukan dunia paralel adalah sebuah kesalahpahaman dan sangat disayangkan bagi aktivitas jurnalisme.

Berita New Scientist ini bersumber dari laporan ANITA yang telah berusia dua tahun. Bahkan berita New Scientist ini sudah dipublikasi sejak 8 April lalu. Namun berita ini viral setelah media seperti New York Post, hingga Daily Star menggunakan judul-judul yang menarik perhatian pembaca.

Laporan ANITA 4 tahun lalu

Laporan ANITA itu menjelaskan dimana ilmuwan bereksperimen di Antartika menggunakan balon helium raksasa untuk membawa Antarctic Impulsive Transient Antenna atau ANITA milik NASA, gunanya untuk mendeteksi partikel yang tidak sesuai hukum fisika.

Balon tersebut diterbangkan sampai ketinggian 36 kilometer dan mendeteksi partikel energi tinggi, dikenal dengan nama neutrinos, yang secara konstan memborbadir planet kita.

Lihat juga: NASA Mengumumkan Rasi Bintang ke 13 yang Bernama Ophiuchus

Dilansir dari CNET, selama bertahun-tahun ANITA telah mendeteksi beberapa peristiwa “anomali”. Alih-alih neutrino berenergi tinggi mengalir dari luar angkasa, neutrino malah berasal dari dalam Bumi. Temuan anomali ini tidak dapat dijelaskan oleh ilmu fisika manusia saat ini.

“Peristiwa ANITA yang tidak biasa telah diketahui dan didiskusikan sejak 2016. Setelah empat tahun tidak ada penjelasan yang memuaskan tentang peristiwa anomali yang dilihat oleh ANITA. Membuat orang yang terlibat eksperimen ini menjadi frustrasi,” kata anggota terhormat Lembaga Antariksa Australia (CSIRO), Ron Ekers.

Lihat juga: Dari Google hingga Sekalas NASA Mengharamkan Aplikasi Zoom kenapa?

Tak berarti teori dunia paralel bisa sepenuhnya dikesampingkan, tapi hanya satu dari beberapa kemungkinan penjelasan. “Walau dunia paralel terdengar menarik dan seksi saat membicarakan sinyal ANITA, ide alternatif masih ada,” sebut Geraint Lewis dari University of Sydney.

Source: CNN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *