Shinigami, Dewa Kematian Salah Satu Cerita Rakyat Asal Jepang

oleh -1.312 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Shinigami (死神, “dewa kematian” atau “spirit kematian”) adalah suatu sentitas dalam cerita rakyat Jepang yang mengundang manusia pada kematian atau menghasut perasaan manusia hingga ingin bunuh diri. Lalu bagaimana rupa dewa kematian satu ini, ceritanya juga pernah di jelaskan dari karya sastra kuno dengan , mau tau apa saja kah itu?, langsung saja simak informasi berikut ini check this out. (seno)

Shinigami dalam Agama Jepang

Ilustrasi Dewi Izanami (credit to nihonspirit.com)

Dalam Shinto, personifikasi kematian adalah Izanami, dewi yang menciptakan kematian bagi umat manusia untuk membalaskan dendamnya pada suaminya, dewa Izanagi. Izanami menetap di Yomi, konsep dunia bawah dalam Shinto.

Lihat juga: Hydra, Naga dengan Sembilan Kepala Dalam Mitologi Yunani

Sedangkan dalam Agama Buddha,  “Yama” atau “Raja Neraka”, dewa berkepala sapi jantan dan berwajah kuda juga dianggap sebagai sesosok shinigami. Yama tinggal di naraka (sebutan untuk neraka atau dunia bawah) untuk menyiksa jiwa manusia yang telah mati.

Ehon Hyaku Monogatari

Ilustrasi Shinigami Zaman Tenpou

Dalam karya sastra kuno “Ehon Hyaku Monogatari” pada zaman Tenpou ke-12 atau tahun 1841, terdapat cerita berjudul ‘Shinigami’.

Namun dewa kematian dalam cerita ini merupakan arwah dari manusia yang telah mati. Shinigami ini memunyai maksud jahat seperti mencelakakan manusia yang masih hidup dengan memberi sugesti untuk bunuh diri

Lihat juga: Werewolf, Manusia Serigala Terbangun Setiap Bulan Purnama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *