Sir Gareth, Keponakan Arthur Dijuluki “Beaumains” Legenda Arthurian

oleh -672 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Kali ini membahas salah satu kstaria termuda dalam legenda Arthurian, dialah Sir Gareth. Sir Gareth merupakan member Knight of the Round Table dalam legenda Arthurian, dijuluki “Beaumains” di Le Morte d’Arthur.

Dia adalah putra bungsu dari Raja Lot dan Morgause, saudara tiri Raja Arthur, sehingga membuatnya menjadi keponakan Arthur, juga saudara lelaki dari Gawain, Agravain, dan Gaheris, dan juga saudara lelaki atau saudara lelaki dari Mordred.

Ceritanya ditulis dalam sebua buku Sir Thomas Malory Le Morte d’Arthur, “Kisah Sir Gareth dari Orkney”. Dalam Malory yang menceritakan kembali sebuah episode dari Prose Tristan,

Menjadi Anak Dapur

Gareth datang ke Camelot dengan menyamar sebagai anak dapur sebagai le bel inconnu, atau Fair Unknown, yang datang tanpa nama dan karena itu tanpa masa lalu.

Dia diatur untuk bekerja oleh Sir Kay, yang selalu memberinya pekerjaan yang sulit, menggodanya sebagai tukang dapur rendahan dan menjulukinya “Beaumains” atau “Good Hands” (atau “Tangan Cantik” atau “Tangan Adil”).

Gareth menerima perhatian yang jauh lebih baik dari Sir Lancelot, yang memberinya hadiah pakaian dan emas untuk menghabiskan uang.

Sebagai Ksatria dan Hubungan Keluarga

Dikisahkan Gareth dan kakak-kakaknya membelot ayahnya sang raja Lot lalu mengabdi kepada Arthur. Dia dikenal sebagai ksatria termuda dari para pangeran Orkney.

Gareth ikut dalam pertempuran awal melawan bangsa Saxon. Dia juga membatu perang melawan kaum Frank dan Claudas.

Gawain dan Agravain marah karena Gaheris membunuh ibu mereka Morgana. Ketika peran Gareth mencegah terjadi pertumpahan darah antara saudaranya.

Dia mengutuk saudaranya sendiri atas pembunuhan Sir Lamonak. Gareth juga menghalangi saudaranya Agravain dan Mordred untuk mengekpos perselingkuhan Lancelot dengan Guinevere.

Gareth dan Ksatria Meja Bundar

Gareth memberitahu Lynesse untuk merahasiakan identitasnya ketika melapor ke Arthur. Dia juga meminta untuk memberitahukan turnamen para ksatria melawan ksatria meja bundar.

Dengan begitu Gareth dapat menyamar sebagai kontestan turnamen.

Tujuan Gareth sebenarnya adalah mendapatkan kehormatan. Dia berhasil mengalahkan saudaranya serta ksatria lainnya.

Gareth juga dikatakan berhasil mengalahkan kakaknya Gawain dan dianggap seimbang ketika melawan Tristan dan Lancelot. Setelah itu dia dianugerahi status bangsawan oleh Lancelot.

Kematiannya dan Perang Camlann

Ketika Lancelot mencoba menyelamatkan Guinevere dari hukumannya, dia tidak sengaja membunuh Gareth dan Gaheris. Hal itu menyebakan kemarahan Gawain dan rencana busuk Mordred.

Berkat bujukan Gawain Arthur pergi mengejar Lancelot dan Mordred melakukan kudeta. Setelah itu pertempuran di Camlann berlangsung.

Namun juga ada cerita lain tentang kematian Gareth. Kala itu Gareth membantu Lancelot untuk menyelamatkan GuinevereĀ  .Dia dibunuh oleh Sir Bors karena telah membantu penyelamatan Guinevere oleh Lancelot.

Sumber: Wiki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.