Space Battleship Yamato 2199, Space Opera Klasik Pada Era Modern

oleh -734 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Space Battleship Yamato 2199 adalah remake dari space opera tahun 70-an dengan nama yang sama. Seri tersebut berperan signifikan terhadap naiknya popularitas genre space opera di Jepang. Sama seperti Star Wars yang berperan penting terhadap genre sci-fi di dunia Hollywood. (Zhorif)

Saat ini, banyak orang menjadi was-was ketika mereka mendengar kata “remake” atau “reboot“. Sudah banyak acara atau seri favorit yang cerita, karakter, dan aspek-aspek penting lainnya dirubah dalam upaya me-reboot suatu seri. Namun Space Battleship Yamato versi remake abad ke-21 dibuat dengan profesional, sungguh-sungguh, dan sesuai dengan source material-nya.

Ceritanya cukup sederhana. Tentang perjalanan 168.000 tahun cahaya menuju planet misterius untuk menyelamatkan bumi dengan kapal perang luar angkasa Yamato dan melawan musuh yang menghalangi. Dalam hal ini, kisah Space Battleship Yamato 2199 tidak sulit untuk dipahami atau dimengerti. Dan cerita tersebut akan tetap eksis dan menarik sampai ke masa depan.

Baca juga: Bosan Dengan Isekai? Berikut 5 Rekomendasi Anime Sci-Fi Militer

Musik dari Space Battleship Yamato 2199 menambahkan lapisan imersi lainnya, karena menggunakan kembali OST dari seri aslinya. Sehingga menambahkan kesan estetis dan originalitas. Poin plus lainnya adalah karakter, yang merupakan contoh dari arketipe umum. Seri ini tidak memberitahukan secara langsung mengenai siapa yang baik atau jahat. Yang terkadang membuat kita bersimpati dengan musuh dan mempertanyakan motif para protagonis.

Sudah terlihat bahwa studio yang membuat remake ini menghormati source material-nya. Dan mereka berhasil memberikan cerita yang layak untuk diceritakan kembali ke era baru dan membawa kisah ini ke kejayaannya, menggunakan teknologi 3DCG oleh Production I.G yang dimiliki saat ini. Dari semua remake yang ada, Space Battleship Yamato 2199 berdiri sebagai salah satu remake tersukses saat ini.

Baca juga: Production I.G, Studio Anime yang Selalu Melampaui Batas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *